Menjajaki Indahnya Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Salah satu pengalaman yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Lumajang adalah berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu. Setelah sebelumnya saya mengunjungi Sriti Camp Ground yang merupakan kawasan wisata perbukitan yang ada di Lumajang dengan keindahan panorama Gunung Semeru. Ok, kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika berwisata ke Air Terjun Tumpak Sewu.

Akses dan Lokasi Menuju Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Saya memulai perjalanan ke destinasi wisata  Air Terjun Tumpak Sewu ini dengan titik awal pemberangkatan dari Kota Malang. Lumajang bersebelahan dengan Kabupaten Malang. Maka kamu dapat menghabiskan waktu kurang lebih sekitar tiga jam untuk dapat menuju destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu ini. Air Terjun ini terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Jika kamu berangkat dari Kota Malang maka kamu dapat melewati daerah Kabupaten Malang hingga menyisir daerah Tirtoyudo, Ampelgading dan selanjutnya melewati perbatasan Lumajang. Di sepanjang jalan kamu juga akan disambut oleh pemandangan alam yang indah yang menemani perjalananmu hingga sampai ke destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Bagi kamu yang tertarik untuk berkunjung ke Air Terjun Tumapk Sewu, kamu akan dikenakan biaya tiket masuk senilai Rp10.000,- per orang, kemudian kamu juga akan dikenakan biaya parkir kendaraan mulai dari Rp.5000,- hingga Rp.10.000,- sesuai dengan kendaraan yang digunakan. Jarak antara tempat parkir dengan pintu masuk ke destinasi wisata juga tidak terlalu jauh. Jadi, kita dapat sampai ke destinasi wisata tersebut dengan mudah.

Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Jarak antara pintu masuk sampai ke destinasi wisata tidak terlalu jauh, kamu cukup berjalan kaki sekitar 10 menit saja sudah sampai pada destinasi wisata air terjun Tumpak Sewu.  Akses jalan juga sudah bagus dan beraspal, di sepanjang jalan terdapat perkebunan buah salak. Terdapat banyak serangga yang memiliki suara yang khas dan saling bersahutan. Di sepanjang jalan juga terdapat beberapa warung kaki lima yang menjual minuman, dan makanan ringan. Kamu juga dapat beristirahat sebentar di tenda sederhana milik pedagang kaki lima tersebut.

Seperti yang kita ketahui destinasi wisata Air Terjun Tumpak Sewu, merupakan wisata andalan dari Kabupaten Lumajang. Air Terjunnya yang berasal dari berbagai titik mata air dan nampak berjutuhan secara bersamaan di beberapa titik yang berbeda sehingga menjadikan air terjun ini sangatlah indah. Terdapat beberapa spot foto yang instagramable agar mendapat hasil foto yang bagus mulai dari foto dari atas jurang dengan latar pemandangan dari air terjun atau dari kaki Air Terjun Tumpak Sewu.

 Bagi kamu yang belum puas dengan berfoto dari atas jurang. Kamu juga dapat turun ke bawah jurang bermain air dari kaki Air Terjun Tumpak Sewu. Jika kamu ingin turun ke bawah, maka datanglah sebelum jam 3 sore, karena air terjun ini tutup pada jam 4 sore,. Jadi, tidak akan diperkenankan untuk turun ke bawah jika datang lebih dari jam 3 sore. Hal ini diperhitungkan berdasarkan lamanya waktu turun dan naik tangga ke kaki air terjun tersebut.

Air Terjun Tumpak Sewu ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin berpetualang ke destinasi alam yang indah. Tidak hanya pemandangannya yang indah dan asri, kamu juga dapat mengambil beberapa momen spesial di Air Terjun ini. Semoga saja pandemi ini dapat segera berlalu, sehingga kita dapat jalan-jalan lagi ya, stay safe everyone!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *