investasiku

Investasi Aman dan Nyaman bagi Pemula di Investasiku

Seberapa Pentingkah Manajemen Finansial itu?

Salah satu hal penting yang dapat kita lakukan dalam manajemen finansial adalah seberapa pintar kita dalam mengalokasikan keuangan bulanan agar tidak cepat habis dan justru memiliki tabungan yang cukup. Ada konsep dasar dalam memanajemen keuangan mulai dari membedakan tiap rutin mana keperluan primer, jalan-jalan dan menabung. Kita juga harus pandai dalam memilah sesuatu hal yaitu mana yang menjadi kebutuhan dan mana yang hanya keinginan belaka. Bagi kamu yang ingin menabung, Investasiku dapat menjadi slaah satu wadah kamu dalam berinvestasi.

Apa Tujuan Menabungmu?

Menabung juga menjadi faktor yang sangat penting dilakukan sejak dini sebagai aset kita di masa depan. Menabung kita lakukan untuk memenuhi kebutuhan kita di hari tua, membeli properti dengan harga tertentu, menyiapkan tabungan pendidikan anak, dan lain sebagainya. Tentunya dengan penghasilan yang kita miliki saat ini bagi sebagian orang tidak bisa serta merta memenuhi kebutuhan tersebut. Maka menabung adalah salah satu cara yang dapat kita gunakan dalam memenuhi kebutuhan tersebut untuk 5 tahun, 10 tahun ataupun 15 tahun kemudian.

Investasi Apa yang Cocok untuk Kamu Lakukan saat ini?

Menariknya, yang menjadi pembahasan lebih lanjut adalah menabung seperti apa yang membuat kita lebih cuan dari tabungan biasanya. Jika kita menabung secara konvensional tentunya hal tersebut justru menjadikan uang kita berniliai lebih kecil diakibatkan inflasi yang terjadi. Inflasi adalah kenaikan harga pada periode waktu tertentu.
Contohnya adalah harga minyak goreng pada tahun 1990 berkisar Rp500 perak saja per liter. Namun selama 20 tahun berlalu lebih tepatnya pada tahun 2020 harga minyak goreng menjadi Rp.20.000 per liter. Melalui penjelasan tersebut dapat kita simpulkan uang 500 perak pada tahun 1990 kita artikan bernilai 20.000 di tahun 2020. Maka dari itu jika kita mengandalkan tabungan konvensional akan membuat nilai tabungan kita menjadi lebih kecil.

Investasi apa yang Membuatmu Lebih Untung dan Cuan ke Depannya?

Berikut ini ada beberapa jenis investasi yang dapat kamu pilih dalam menabung.

  1. Saham

Saham dapat didefinisikan sebagai tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). (www.idx.com)
Secara sederhana dapat kita pahami bahwa Investasi Saham adalah pembilan kepemilikan surat suatu perusahaan sesuai dengan harga saham perusahaan tersebut per lembarnya. Keuntungan yang bisa didapat berasal dari Dividen dan Capital Gain.

  • Obligasi

Obligasi dapat dijelaskan sebagai surat utang jangka menengah panjang yang dapat dipindahtangankan, yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut. (www.idx.com)

  • Reksadana

Umumnya, Reksa Dana diartikan sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya di investasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Reksadana lebih tepatnya adalah kita mempercayai sebuah manajemen investasi yang kemudian mengelola dana investasi kita dan mengambil keuntungan dalam jangka waktu tertentu.

Setelah kamu mempelajari ketiga prihal di atas, kamu dapat memilih investasi apa yang cocok untuk kamu investasikan. Bagi kamu yang baru memulai investasi maka pilihlah investasi yang memiliki low risk agar dapat mempelajari secara langsung bagaimana menabung melalui jenis investasi tersebut.

Disclaimer: Silakan pelajari terlebih dahulu mana investasi yang sesuai denganmu, karena return yang kamu pilih sesuai dengan pilihanmu, maka pilih investasi dari diri sendiri dan jangan mengikuti saran atau pom pom an dari orang lain.

Investasiku, Tempat Berinvestasi yang Mudah dan Nyaman

InvestasiKu merupakan salah satu platform digital yang mewadahi kamu untuk berinvestasi saham, reksadana, obligasi dengan mudah. Kamu tinggal download dan intsal aplikasinya di Google play store dan Appstore, kemudian kamu tinggal melakukan registrasi sampai akun rdn kamu selesai.

investasiku

Registrasi Akun di Investasiku

  1. Silakan download dan instal aplikasi Investasiku
  2. Buka aplikasinya, kemudian buat akun
  3. Isi data identitas berupa nama lengkap, email, No. Hp, dan Password sampai selesai
  4. Kemudian kamu melakukan verifikasi melalui email atau no hp
  5. Kemudian harus mengisi NIK KTP, pembuatan akun RDN melalui Bank Mega dan Data Biometrik
  6. Kamu akan diminta untuk menyetujui segala syarat dan ketentuan dari pembuatan akun RDN Tersebut
  7. Silakan menunggu kurng lebih 1×24 Jam hingga ada notifikasi bahwa akun RDN-mu telah selesai.
  8. Kamu pun sudah bisa melakukan investasi melalui Investasiku

Jenis-jenis Investasi yang Dapat Kamu Pilih di Investasiku

Ada beberapa instrumen investasi yang bisa kamu pilih melalui Investasiku yaitu Saham, Obligasi dan Reksadana. Kamu tinggal melakukan top up terlebih dahulu ke akun RDN-mu, kemudian kamu bisa melakukan investasi melalui akun tersebut.

Simpulan

Nah bagi kamu yang ingin melakukan investasi, aplikasi Investasiku ini bisa menjadi rekomendasi kamu sebagai media dalam berinvestasi. Karena banyak pilihan instrumen investasi yang dapat kamu pilih. Tampilannya yang sederhana sangat memudahkan para pemula dalam berinvestasi. Di samping itu juga pendaftarannya yang mudah dan cepat membuat kita semakin mudah dalam berinvestasi. Selamat mencoba.

Baca juga: Tetap Investasi Saham, Walaupun Sering Boncos?

7 thoughts on “Investasi Aman dan Nyaman bagi Pemula di Investasiku

  1. Memang harus super teliti sih, sebelum kita memilih investasi. Soalnya udh terbukti kan banyak investasi bodong. Artikel ini cukup.mengedukasi, agar orang awam paham investasi yang akan dipilih.

  2. aku gak jago literasi finansial tapi untukinevstasi saat ini kami memillih saham . dibanding invesstasi lain entahlah mugkin karena beberapa kali mengikuti forum yang membahas investasi jadi ikut deh , semoga gk karena ikuit2an

  3. Sepertinya berinvestasi di saham dan sejenisnya sedang jadi tren bagi banyak orang ya. Apalagi literasi finansial saat ini sangat mudah ditemukan.

  4. wah ada lagi nih aplikasi buat investasi yang bisa digunakan buat kita yang ingin berinvestasi. memang penting banget sih investasi ini soalnya inflasi bikin nilai uang kita berkurang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.