Perkuat Semangat Menjaga Alam dengan Berkomunitas

Kondisi lingkungan alam saat ini mencerminkan dari apa yang telah kita lakukan untuk alam. Isu-isu global terkait kerusakan alam dan lingkungan bukan lagi persoalan teori belaka. Kita merasakan dampak tersebut secara langsung di keseharian kita. Akankah kita membiarkan alam semakin lama semakin tidak terkendali keadaannya? Bagaimana dengan generasi selanjutnya? Bertubi-tubi pertanyaan selalu menjadi alasan kenapa saat ini saya mulai membiasakan diri untuk menyadari bahwa kondisi alam kita sedang tidak baik-baik saja. Dampak kerusakan alam yang terjadi saat ini, tentu tidak jauh-jauh dari ulah kita sendiri. Maka memulai dari diri sendiri dengan praktik baik menjaga alam tentu akan sedikit banyak berdampak bagi perubahan alam yang semakin baik lagi.

Ada beberapa hal yang saya lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan menjadikannya sebagai kebiasaan agar menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Tidak hanya sekedar mengikuti trend saja, melainkan juga untuk benar-benar sebagai bentuk kepedulian kepada alam. Bencana banjir contohnya seringkali kita lihat karena tumpukan sampah akibat ulah manusia yang membuang sampah sembarangan. Sampah plastik yang memiliki masa daur ulang beratus-tahun lamanya menjadi permasalahan yang cukup serius di Indonesia. Maka kesadaran diri untuk mengurangi hal tersebut menjadi solusi mencegah kerusakan alam saat ini.

Gerakan Saya Mencintai Alam

Walaupun saya sendiri belum mampu mempraktikan kecintaan alam 100%, tetapi setidaknya sebagai orang awam yang peduli terhadap keberlangsungan manusia untuk beratus-ratus tahun ke depan tetap menjadi harapan. Membentuk kegiatan positif tentunya mendukung perubahan ke arah yang lebih baik, Saya pribadi saat ini membiasakan diri terhadap hal-hal positif seperti selalu membawa kotak makan dan botol minum sendiri ketika bekerja, kemudian mengurangi penggunaan kantong plastik dengan tas kain. Selain itu selalu membawa kantong ramah lingkungan kemana-mana karena ketika ke supermarket atau pasar saya selalu menggunakan kantong sebagai wadah barang belanjaan.

Selain itu dengan tidak membuang botol minuman sembarangan, melainkan mengumpulkannya dan menukarkan ke mesin penukar botol untuk di daur ulang. Saya juga mendukung program daur ulang botol menjadi benda guna yang bermanfaat dan bernilai jual. Beberapa usaha di atas menjadi salah satu ikhtiar yang bisa saya lakukan sebagai bentuk peduli lingkungan.

Gabung Komunitas Perkuat Semangat Menjaga Alam

Walaupun saya sudah memulai gerakan cinta alam ini sejak awal, tetapi pasti ada saja datang waktu dimana berada di titik jenuh untuk melakukan aktivitas tersebut. Sampai pada akhirnya dengan berkumpul bersama komunitas pecinta alam mengembalikan kembali semangat saya dalam menjaga alam. Peran Komunitas sangat penting dalam menambah semangat untuk tetap berkomitmen menjaga alam sekitar, di samping itu saya juga bisa mengajak banyak orang untuk sama-sama bergerak dan peduli lingkungan.

Hutan.id Komunitas Pecinta Alam di Indonesia

Melalui kanal hutan.id salah satu platform yang menaungi para pecinta alam di Indonesia. kak Tian selaku narasumber menjelaskan bagaimanakah kondisi alam kita saat ini dan dampaknya untuk generasi selanjutnya. Beliau Juga menjelaskan apa aksi nyata yang bisa kita lakukan untuk menjaga alam Indonesia. Melalui langkah kecil dapat menjadi dampak yang sangat besar untuk keberlangsungan umat selanjutnya.

Peran komunitas ini sangat penting bagi kita sebagai wadah bersama menyatukan tekad untuk saling berkomitmen menjaga alam kedepannya. Dengan berkomunitas peduli lingkungan, kita tidak lagi merasa sendirian dan bertemu banyak orang yang saling bergerak ke arah perubahan yang lebih baik.

Lestari, UMKM Lokal Ciptakan Produk Berbahan Alam

Untuk langkah yang lebih jauh lagi, kita bisa memanfaatkan bahan alam untuk dijadikan bagian dari hidup kita. Lestari memiliki banyak produk berasal dari Daun Gambo yaitu daun yang diolah dengan beberapa tahap hingga menghasilkan produk yang cantik dan menarik. Produk dari Lestari ini biasanya menghasilkan pakaian, syal dan lainnya. Tentunya semua proses dilakukan dari alam dan tetap ramah lingkungan.

Dengan mendukung UMKM yang bergerak di bidang penghasil produk berbasis alam, tentu kita turut memberi dorongan dan kekuatan kepada pegiat pecinta alam agar tetap dan tidak pernah berhenti peduli terhadap lingkungan. Lestari merupakan UMKM yang 100% dari alam, semua mulai dari bahan, proses pembuatan, hasil dan limbah sisa pembuatan semuanya ramah lingkungan. Tentunya ini berdampak baik untuk kelestarian alam Indonesia.

Maka dari itu, melalui tulisan ini saya mengajak mari bersama-sama menjaga alam walau dari langkah kecil sekalipun. Kita dan alam adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Selalu beriringan hingga beratus-ratus tahun yang akan datang. Maka kepedulian terhadap alam merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Dengan berkomunitas kita akan menambah semangat dan tekad dalam menjaga alam bersama. Dari alam dan untuk alam demi keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

5 thoughts on “Perkuat Semangat Menjaga Alam dengan Berkomunitas”

  1. Kontribusi aku untuk.menjaga alam baru mencoba mengurangi plastik sih, kayak bawa tumbler kalau pergi, bawa tote bag untuk belanja, pakai sedotan bambu. Walau masih sedikit, tapi semoga bisa berpartisipasi menjaga alam ya

  2. Hal kecil jika konsisten akan berdampak besar, sepertinya kita juga mampu kak untuk melakukannya. Kita kembali dengan 3R yang sejak dulu kita gaungkan mampu kok menjalar lini UMKM di setiap titik lingkungan kita. Semangat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version