Beberapa Cara Mengatasi Penyebab Keringat Berlebih pada Tubuh

 
Akhir-akhir ini, saya sempat khawatir dengan kondisi cuaca yang tak menentu, kadang hujan tetapi juga panas. Alhasil, membuat beberapa rencana perjalanan saya dibatalkan. Namun, hal lainnya yang saya khawatirkan adalah pada saat berolahraga, tidak biasanya saya mengeluarkan keringat berlebih setelah berolahraga. Sempat khawatir apakah ada suatu penyakit yang menimpa diri ini. Sepulang olahraga, saya langsung buka browser dan baca-baca artikel seputar hal tersebut. Alhamdulillah, setelah saya membaca artikel tentang penyebab keringat berlebih ini, saya pun menyadari hal tersebut adalah hal yang wajar akibat faktor cuaca dan beberapa faktor lainnya. 
 
Penyebab Keringat Berlebih
 

Kota Malang, Kota Sejuk

 
Salah satu hal yang bikin saya betah di Kota Malang adalah hawanya yang sejuk, beda nih dengan rumah yang di Bali, kalo siang hari suhu cuaca bisa mencapai 30-an ke atas. Alhasil, saya pun sampai harus beberapa kali mandi sehari, hehehe. Kota Malang berhawa sejuk karena dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya adalah letak geografisnya yang berada di sekitar pegunungan. Mulai dari Gunung Panderman, Arjuno, Butak, Penanggungan dan lain-lain. Sehingga suhu udaranya pun dapat dikatakan sejuk.  Bahkan, saya pun hampir jarang mengeluh tentang cuaca panas di Kota Malang. 
 
Taman Merjosari
 
Biasanya saya meluangkan waktu di akhir pekan dengan berolahraga, salah satunya adalah jogging. Saya biasanya jogging di Taman Merjosari Kota Malang atau bisa juga di Lapangan Rampal. Taman Merjosari memang selalu ramai, biasanya digunakan untuk berolahraga, atau rekreasi keluarga. Taman Merjosari juga biasanya menyediakan fitnes area, selesai jogging biasanya saya meluangkan waktu untuk fitnes di tempat tersebut. Di samping itu juga, saya biasanya menghabiskan waktu berolahraga di Lapangan Rampal. Cukup jauh memang dari tempat tinggal, tetapi Lapangan Rampal tempat yang sangat nyaman untuk jogging. Lapangannya yang luas, sehingga membuat rute jogging juga menjadi lebih panjang. Lapangan Rampal memang biasanya digunakan untuk berolahraga terdapat beberapa olahraga yang bisa kita lakukan di sekitar kawasan lapangan Rampal ini yaitu Sepak Bola, Bulu tangkis, Bola Voli, Renang, dan lain-lain. 
 
Lapangan Rampal Kota Malang
 

Kota Malang Akhir-Akhir ini Penyebab Keringat Berlebih

 
Memasuki musim pancaroba membuat cuaca di Kota Malang sedikit berbeda, pernah beberapa kali bersuhu tinggi bahkan pernah menembus suhu 33 derajat. Akhir-akhir ini juga kadang seperti itu, walaupun sempat beberapa kali turun hujan, dan beberapa kali cerah. Saya yang biasanya jarang berkeringat tiap harinya, saya pun juga pernah risih karena berkeringat pada saat asik-asiknya rebahan. Di samping itu juga, ketika berolahraga di akhir pekan saya juga berkeringat lebih tak seperti biasanya. Sempat khawatir dengan kondisi tersebut, tetapi ketika saya membaca beberapa artikel di internet, ternyata hal tersebut dikarenakan faktor cuaca panas yang berlebih sehingga intensitas keringat yang keluar dari tubuh kita juga semakin banyak. 
 
 
Berkeringat lebih non penyakit juga bisa berdampak kepada hal lainnya loh, yaitu bau badan. Memiliki keringat berlebih tentunya sangat berpengaruh kepada bau badan kita. Hal tersbut juga akan mempengaruhi orang sekitar kita. Misalnya saja, ketika berinteraksi dengan seseorang tentunya orang tersebut akan risih dan membuatnya tidak nyaman. Waktu SMA dulu, saya sering berkelana kemana-mana sehingga membuat keringat berlebih dan berefek bau badan. Orang yang pertama kali menyadari hal tersebut adalah ibu saya sendiri, hahaha. Beliau pun menyarankan saya untuk melakukan beberapa hal untuk mencegah bau badan tersebut. Beberapa hal yang saya lakukan adalah sebagai berikut.
 
1. Mengonsumsi Daun Kemangi
Daun kemangi dipercaya dapat mengurangi bau badan yang tidak sedap, biasanya saya suka membeli nasi lalapan yang tak lupa dengan daun kemanginya. Walaupun belum bisa secara rutin mengonsumsi daun kemangi, saya mencoba untuk setidaknya dua hari sekali mengonsumsi daun kemangi tersebut.
 
2. Mandi dan Menggunakan pakaian secara teratur
Hal yang harus dilakukan lainnya adalah mandi yang teratur, biasakan mandi setidaknya dua sampai tiga kali sehari. Dengan membersihkan tubuh kita, tentu akan mengurangi efek bau badan pada tubuh kita. Di samping itu, perhatikan pakaian yang kita kenakan setiap hari, jika dirasa sudah satu atau dua hari dipakai dengan sering beraktivitas maka segeralah berganti mengenakan pakaian yang baru dan bersih. Supaya tidak menyebabkan bau pada pakaian tersebut jika digunakan terlalu sering.
 
3. Menggunakan Deodorant
Salah satu langkah antisipatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan deodorant, adanya deodorant dapat membantu aktivitasmu menjadi lebih bersemangat dan percaya diri. Walaupun kita sudah mempraktekan dua langkah di atas, dengan menggunakan deodorant tentu akan membuat penampilan kita lebih percaya diri ketika bertemu ataupun berinteraksi dengan orang lain. Deodorant yang cocok untuk mengatasi hal tersebut adalah Rexona, Rexona telah mengandung deodorant antiperspirant yang mana hal tersebut bisa mengatasi bau badan dan keringat berlebih pada tubuhmu. Rexona juga dapat dibuat untuk pria maupun wanita, sehingga kamu bisa memilih produk rexona manapun yang sesuai dengan kebutuhanmu.
 
Hal tersebut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi bau badan dan mengatasi penyebab keringat berlebih pada tubuh kita, jika teman-teman punya cara lainnya bisa dishare di kolom komentar ya. Jadi, nggak perlu takut lagi untuk berkeringat lebih akibat faktor cucaca ataupun berolahraga, karena terdapat beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut, sebagaimana yang telah dijelaskan diatas. Ingat ya guys! Tetap beraktivitas, tanpa takut berkeringat lebih dan bau yang tidak sedap. Jika kamu memiliki keluhan yang sama mengenai keringat berlebih dan bau badan, bisa gunakan cara di atas ya. Good luck!
 

Baca juga: Enam Kunci Jitu Cara Menurunkan Darah Tinggi Yang Efektif