Tugu Pahlawan Surabaya, Upgrade Jiwa Nasionalismu dari Jasa Para Pahlawan

 
Salah satu bentuk apresiasi yang dapat kita lakukan terhadap perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia adalah tentunya dengan melanjutkan perjuangan tersebut melalui cara dan aspek yang berbeda. Indonesia mungkin sudah merdeka, namun, perjuangan untuk merasakan makna dari kermerdekaan itu sendiri masih menjadi tugas utama bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. Maka dari itu, secara dinamis semua lini masyarakat saling bahu-membahu agar mendapatkan taraf kehidupan yang lebih makmur. Di sisi lain, cara yang bisa kita lakukan unutk mengenang jasa para pahlawan di Indonesia, adalah dengan mengunjungi situs bersejarah Indonesia yaitu seperti Tugu Pahlawan. Dengan ini kita dapat belajar dan membangkitkan jiwa nasionalisme kita sebagai warga negara.

tugu pahlawan surabaya
Setelah sebelumnya saya bersama teman-teman, mengunjungi Makam Bung Karno di Blitar, saya pun belajar banyak hal semasa hidup beliau. Bagaimanaa terdapat banyak bukti-bukti atau sepak terjang beliau dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, tempat yang dapat kamu kunjungi adalah Tugu Pahlawan Surabaya.Mengunjungi situs-situs bersejarah dan perjuangan dalam kemerdekaan adalah sebuah bentuk apresiasi yang dapat kita lakukan terhadap jasa para pahlawan. Maka dari itu, sebuah peristiwa akbar yaitu pada tanggal 10 November 1945 dinobatkan sebagai hari Pahlawan, dan untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.
 

Sekilas Tentang Tugu Pahlawan Surabaya

 
Pada tanggal 19 Februari 2000, KH. Abdurrahman Wahid telah meresmikan Tugu Pahlawan tersbut. Tugu Pahlawan ini didesain dengan tugu yang berbentuk seperti paku terbalik, memiliki 10 lengkungan, dan 11 ruas. Tugu dengan ketinggisn 41,15 meter itu pun menjadi salah satu bentuk ikon kota Surabaya.
Tugu Pahlawan ini terletak di tengah-tengah Kota Surabaya, Tugu ini dapat kamu kunjungi setiap hari, tempatnya ramai dikunjungi apalagi pada saat Car free day (CFD) karena Jalan Pahlawan ini merupakan salah satu rute dalam melakukan kegiatan CFD. Banyak hal yang dapat kita lakukan di tugu ini, selain berfoto-foto dan mengenang jasa para pahlawan, kita juga bisa beriwsata kuliner. Banyak tempat-tempat makan yang menjual makanan khas surabaya yang kamu dapat bisa cicipi di sekitar Tugu Pahlawan Surabaya. Letak Tugu Pahlawan yang strategis, membuat tugu ini dekat dengan segala jenis tempat-tempat strategis seperti pusat perbelanjaan, Bandara dan lain-lain. Bagi kamu yang sedang melakukan perjalanan jauh, terdapat juga beberapa penginapan yang dapat kamu pilih untuk beristirahat. Salah satunya adalah Batiqa Hotel, hotel ini terletak di Jalan Darmokali No. 60, Surabaya. Setelah kita asyik mengeksplor tugu pahlawan dan sekitar surabaya. Kamu pun dapat memilih Butiqa Hotel sebagai tempat beristirahatmu.

Tugu Pahlawan Surabaya
Sumber: batiqa.com
 

Akses dan Rute Perjalanan Menuju Tugu Pahlawan Surabaya

Letaknya yang strategis, membuat tugu Pahlawan ini mudah diakses oleh masyarakat. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menuju Surabaya mulai dari Bandara Juanda, Terminal Bungur Asih, ataupun Stasiun Surabaya. Kamu dapat menggunakan beberapa alat transportasi di atas untuk menuju tugu pahlawan surabaya tersebut. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas ojek online untuk menuju tugu pahlawan ini.
Demikianlah ulasan saya mengenai kilas balik perjuangan pahlawan di Tugu Pahlawan Surabaya. Sebagai warga negara yang baik, kita pun harus mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Tugu Pahlawan Surabaya. Selain itu, kamu juga bisa mengeksplor beberapa makanan khas yang ada di Surabaya. Jika ingin menginap beberapa hotel juga dapat menjadi solusi penginapanmu, salah satunya adalah Batiqa Hotel. Selamat berlibur~

Tugu Pahlawan Surabaya
Kelurahan Alun-Alun Contong, Kecamatan Bubutan, Kota SurabayaPeresmian: 19 Februari 2000
Diresmikan oleh: KH. Abdurrahman Wahid
Luas Area: 1,3 hektare
Ketinggian tugu: 41,15 meter
Jumlah lengkunga: 10
Jumlah ruas: 11
Area yang mendukung : Wisata Kuliner, Area CFD, Pusat Perbelanjaan, dll
Peta Alamat

 

 


Batiqa Hotel Surabaya
Jl. Darmokali No. 60,
Surabaya, 60241, Indonesia
+62 31 99534000
+62 31 5663273
reservation.surabaya@batiqa.com


Peta Alamat

 

Baca Juga: Meneladani Perjuangan Pahlawan dengan Berkunjung ke Makam Bung Karno