Meneladani Perjuangan Pahlawan dengan Berkunjung ke Makam Bung Karno

Salah satu daerah di jawa timur yang nggak lah menarik untuk dikunjungi adalah kota Blitar. Iya, Kota Blitar juga merupakan daerah yang memiliki berbagai macam destinasi wisata yang indah. Di samping itu, kota blitar memiliki makanan yang khas yaitu nasi pecelnya yang mantaps. Eits, kali ini saya tidak akan membahas tentang kuliner khas kota blitar ya. Kota blitar juga terkenal akan daerahnya sebagai kota pahlawan. Karena di Kota Bllitar ini terdapat salah satu makam dari pemimpin atau presiden pertama sang proklamator kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu Makam Bung Karno. Nah, kali ini saya akan mengulas tentang pengalaman saya ketika berkunjung ke makam Ir. Soekarno ini.

Makam Bung Karno

Lokasi dan Akses menuju Makam Bung Karno

Lokasi makam Ir Soekarno ini berada di Kota Blitar, lebih tepatnya di Jl. Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. jika teman-teman berangkat dari kota Malang akan menghabiskan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke tempat ini.

Fasilitas

  • Museum Bung Karno

Makam Bung Karno

Tepat setelah kita memasuki kawasan pintu masuk makam Bung Karno, terdapat sebuah museum yang cukup besar berisi tentang semua yang berkaitan dengan Ir. Soekarno. Mulai dari foto-foto semasa hidup beliau, rumah dan keluarga besar beliau. Di museum ini juga terdapat denah dari kawasan makam ini.  terdapat lambang Burung Garuda sebagai lambang kebangsaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita pun boleh mengambil foto sepuasnya di museum ini.

Perjuangan Pahlawan
Ceritanya lagi candid, hahaha

  • Tugu 

Perjuangan Pahlawan

Terdapat juga Tugu Bung Karno yang cukup besar di tengah-tengah menuju pintu masuk ke makam. Tugu Bung Karno ini sedang duduk dengan pakaian khas Bung Karno. Kita pun juga bisa berfoto di tempat ini.

  • Kolam Ikan

Di tengah perjalanan kita akan melewati kolam ikan yang memanjang. Kolam ikan ini terdapat berbagai macam jenis ikan koi yang indah. Dinding dekat kolam ikan juga terdapat sebuah relief yang menggambarkan perjuangan Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Di sini juga terdapat banyak penjual yang menjual oleh-oleh khas kota Blitar.

  • Makam Bung Karno

Makam Bung Karno

Setelah melewati kolam ikan, kita akan menaiki beberapa buah anak tangga sebelum pada akhirnya kita sampai pada makam bung karno. Sebelum memasuki makam kita akan melewati gapura yang khas dengan ukiran jawa. Makam bung karno berada di tengah yang tepat bersebelahan dengan makam kedua orang tuanya. Terdapat juga makam-makam lainnya yang ada di kawasan makam tersebut.  Kami  pun juga menyempatkan berdoa bersama mendoakan pahlawan kusuma bangsa.

  • Pusat Oleh-Oleh

Ketika arah menuju pintu keluar kita akan diarahkan dengan  pusat oleh-oleh. Sepanjang jalan keluar terdapat banyak ruko-ruko yang menjual barang-barang khas Blitar. Oleh-olehnya bisa berupa pakaian, baju khas jawa, blangkon, gelang, dan beberapa makanan khas lainnya yang ada di kawasan makam bung karno.

Demikianlah ulasan saya mengenai wisata religi sekaligus budaya yaitu Makam Bung Karno, bagi kamu yang ingin tahu lebih dekat dengan Ir. Soekarno atau pun ingin datang dan mendoakan beliau. Kamu bisa langsung saja datang ke makam beiau di Blitar. Kamu tidak hanya bisa ke makam beliau saja, kamu juga bisa melihat potret sejarah kehidupan beliau yang telah di ceritakan dan divisualisasikan ke dalam museum ini. Semoga kita selalu bisa meneladani sikap-sikap patriotisme kepahlawanan pejuang kita. Karena akan ada perjuangan lain yang harus kita lakukan di era sekarang ini, membrantas kebodohan dan penjajahan baru baik dari sistem politik, kolonial dan lain-lain. Merdeka!