Pantai Kelan

Keindahan Pantai Kelan, Sunset dengan Latar Pesawat

Berbicara tentang pantai di Pulau Bali memang tidak ada habisnya, ada begitu banyak jenis pantai yang dapat kamu kunjungi di pulau Dewata ini. Namun ada beberapa pantai yang mungkin jarang dikenal banyak orang tetapi memiliki pemandangan yang indah dan sangat melokal bagi masyarakat Bali pada umumnya. Akhir-akhir ini terdapat salah satu pantai yang menjadi tempat favorit saya yaitu Pantai Kelan. Pantai ini memiliki berbagai macam keindahan yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Pulau Bali.

Akses dan Lokasi Pantai

Pantai ini terletak di desa Kelan, Tuban, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Jaraknya sangat dekat dari kota Denpasar, kamu cukup menghabiskan waktu sekitar 20 sampai 25 menit untuk dapat ke pantai ini. Jika kamu tidak tahu pasti alamatnya, kamu dapat mencari alamat lebih lengkapnya di Google Maps ya.

Pantai Kelan

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai ini gratis, tetapi kamu cukup membayar parkir motor yaitu senilai Rp2.000 dan tiket mobil sebanyak 5.000 saja. Dengan membayar parkir seharga tersebut kamu sudah bisa masuk ke pantai Kelan ini.

Keindahan Pantai Kelan

Pantai ini memiliki daya tarik yang sangat indah yaitu pantai dengan panorama sunsetnya yang sangat indah. Bagi kamu yang ingin berburu sunset, kamu bisa datang ke pantai ini di sore hari, walaupun tidak ada sunset di pantai ini dengan menyaksikan pemandangan di pantai ini saja sudah sangat indah.

Salah satu keindahan dari pantai ini adalah letaknya yang berdekatan dengan landasan pesawat terbang. Dengan spot pantai yang menarik ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat foto yang bagus karena kamu bisa berfoto dengan latar pesawat terbang yang sedang mendarat, tidak hanya itu saja, jika beruntung kamu bisa mengabadikan momen sunset sekaligus dengan momen ketika pesawat terbang landing di bandara I Gusti Ngurah Rai ini.

Banyak Pedagang Kaki Lima di Area Pintu Masuk Pantai

Pantai ini juga salah satu destinasi yang cocok untuk kulineran, karena ada banyak sekali pedagang-pedagang kaki lima yang ada di sepanjang pintu masuk ke Pantai Kelan. mulai dari bakso, lumpia, crepes, cilok, Tahu Tipat, dan lain-lain. Untuk minumannya juga terdapat banyak macam seperti es degan, pop ice, minuman dingin dan berbagai macam menu lainnya yang dapat kamu coba. Kuliner yang menjadi paling khas dari Pantai Kelan ini juga adalah banyaknya warung makan ikan bakar yang terdapat di sepanjang jalanan Pantai Kelan ini. Kamu bisa mencoba kulineran ikan bakar yang ada di pantai kelan ini, tidak hanya ikannya yang masih segar, kamu juga dapat memilih ikan yang sesuai dengan yang kamu mau.

Pantai Kelan
sumber: Kumparan

Pantai Kelan ini sebenarnya adalah tempat di mana banyak warganya yang berprofesi sebagai nelayan yang  biasa memancing ikan. Jadi kamu akan melihat banyaknya perahu-perahu yang berada di sekitar pantai Kelan ini, yaitu perahu yang biasa digunakan oleh para nelayan untuk berlayar. Meskipun demikian, banyaknya perahu yang ada di sekitar pantai menjadi salah satu simbol yang ikonik dan bisa menjadi daya tarik tersendiri yang menjadikan Pantai Kelan memiliki ciri khas yang berbeda dengan pantai yang lainnya di pulau Bali. 

Nah bagi kamu yang saat ini sedang jalan-jalan ke pulau Bali dan sedang mencari rekomendasi pantai yang bagus. Pantai ini bisa menjadi salah satu pantai yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berada di Pulau Bali, karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dan panorama pantainya yang sangat indah sehingga dapat memanjakanmu ketika berlibur ke pantai ini. Selamat berlibur.