Penyebab Ruam Popok yang Harus Anda Perhatikan dan Cara Mengatasinya

 
 
Ruam popok memang masalah yang sering muncul pada bayi. Banyak sekali yang menyebabkan hal itu terjadi. Bukan hanya satu atau dua alasan saja. Jadi jangan cepat mengambil kesimpulan dan menyalahkan orang lain jika bayi mengalami ruam popok ya. Penyebabnya diantaranya:
 
Ruam popok
Sumber : Health.detik

Bayi Menggunakan Popok Kecil

Maksud dari popok kecil bukan berarti popok bayi tidak sesuai berat bayi. Namun biasanya badan mereka ternyata lebih besar dari bayi di berat yang sama. Sehingga ketika membeli popok bayi sebaiknya dicoba dulu. Jangan langsung membeli banyak. Beli saja yang kemasan kecil dulu. Supaya tidak terbuang. Anda bisa mencoba selama 2 atau 3 hari, jika bayi tidak rewel, Maka popok yang anda beli sudah cocok. 
 

Kelamaan Mengganti Popok Bayi

Hal selanjutnya yang menyebabkan ruam pada bayi adalah penggunaan popok yang tidak sering dilihat. Jika anda mengira bayi akan menangis jika langsung pipis atau pup, maka anda salah besar. Ada bayi yang tetap tenang jika pipis atau pup. Nah anda sebaiknya jangan membiarkan pup bertahan lama di pantat bayi anda. jika anda tidak mau ruam popok muncul. Bakteri yang ada di pupu bayi yang menyebabkan ruam popok. Ruam popok haruslah diperhatikan oleh anda ketika bayi pup atau pipis. Oleh karena itu jangan lengah, harus dilihat lebih sering.
 
Kedua penyebab di atas hanya sebagian penyebab ruam yang membuat bayi tidak nyaman. Alasan lain seperti penggunaan bedak di area kelamin atau keringat juga bisa menyebabkan hal tersebut. Ruam yang kadang bisa menyebabkan kulit melepuh, harus anda atasi dengan benar. Supaya tidak semakin parah ruamnya. 
 

• Berikan Lotion Ruam Popok

Hal yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan atau mengatasinya adalah dengan membeli lotion di apotek atau toko terdekat. Lotion yang anda beli juga haruslah yang memang bisa mengatasi ruam popok. Banyak sekali pilihan lotion. Tetapi pilihlah yang memang sudah aman untuk bayi. Kemudian mempunya izin yang jelas. Selanjutnya anda cek apakah lotion tersebut nyaman atau tidak ketika diolekskan. Jangan sampai malah membuat bayi anda tidak nyaman.
 

• Berhenti Menggunakan Popok Sekali Pakai

Hal yang bisa mengatasi selanjutnya adalah anda bisa berhenti menggunakan popok sekali pakai. Memang popok sekali pakai tidak ribet. Apalagi untuk anda ibu yang bekerja. Tetapi daripada bayi anda selalu rewel karena ruam yang tidak kunjung hilang. Segera anda ganti ruam dengan popok disposable. Popok disposable adalah popok yang haru dicuci ketika bayi pup atau pipis. Memang tidak simple, namun lebih aman daripada popok sekali pakai. Apalagi popok sekali pakai mengandung bahan kimia yangn buruk untuk bayi.
 

• Pergi Ke Dokter 

Jika anda sudah melakukan berbagai cara seperti menghilangkan ruam dengan lotion atau mengganti popok sekali pakai dengan popok disposable. Ruam tersebut belum hilang juga, maka sebaiknya anda segera membawa bayi ke dokter. Jangan anda tunggu sampai lama jika memang ruam malah semakin parah. Apalagi ruam hingga melebar kemana-mana. Anda harus cek langsung ke dokter. Untuk mengatasinya yang tidak kunjung hilang. Kulit bayi yang sangat sensitif memang harus berhati-hati untuk segala hal. 
 

Baca juga: Yuk, Perhatikan Perkembangan Bahasa si Kecil dan Pencernaannya dengan Probiotik yang Sehat