Taman Air Tirtagangga Karangasem Bali

Berada di ujung timur Pulau Bali, jangan lewatkan untuk berkunjung ke tempat ini, Pemandian Tirtagangga Karangasem. Sesuai dengan namanya destinasi wisata ini merupakan  rekreasi budaya sekaligus rekreasi alam yang dapat kamu kunjungi di Pulau Bali. Salah satu pemandu wisata di kelompok kami menjelaskan bahwa Tirtagangga merupakan salah satu situs budaya peninggalan leluhur Kerajaan Majapahit. Lebih tepatnya lagi, tempat ini adalah pemandian khusus untuk kalangan bangsawan pada masa itu.

Sempat tergelitik dengan salah satu perkataan beliau “untung saja sekarang kita sudah menggunakan sistem pemerintahan demokrasi, jika saja masih menggunakan sistem kerajaan sudah pasti kita tidak boleh datang ke sini, karena kalangan bangsawan sajalah yang boleh ke sini”.

Kini tempat ini menjadi destinasi wisata yang sangat indah, tentunya harus dijaga karena menjadi situs budaya ciri khas masyarakat Bali. Ada beberapa hal menarik yang saya dapatkan ketika berkunjung ke Tirtagangga ini.

  1. Terdapat Pancuran yang Terdiri dari 13 Aliran

Tepat di tengah-tengah taman ini, terdapat sebuah pancuran yang menjulang tinggi terdiri dari 13 tingkatan. Masyarakat hindu Bali meyakini, pancuran inilah yang menjadi acuan tentang ketersediaan air di Pulau Bali. Jika semakin deras aliran air, maka dapat dipastikan sumber persediaan air di tempat tersebut sedang melimpah, namun jika tingkat deras air semakin berkurang berarti sumber persediaan air yang terdapat di tempat tersebut sedang kurang baik.

  1. Banyak Ikan Koi yang Berusia Puluhan Tahun

Ikan Koi di Tirtagangga ini dapat dikatakan memiliki ukuran yang besar, tidak hanya puluhan ekor tetapi terdapat ribuan ikan yang tersebar di beberapa titik kolam yang ada di Tirtagangga ini. Biasanya ikan-ikan tersebut akan mendapatkan pakan berasal dari pengunjung yang datang. Iya, di sini terdapat penjualan pakan ikan yang dijual seharga tiga ribu rupiah saja per bungkusnya. Tidak hanya jumlahnya yang banyak, ikan ini dapat menjadi salah satu spot foto yang menarik. Semoga saja pandemi ini bisa segera berakhir, supaya mereka dapat  pakan ikan dari para pengunjung yang datang.

  1. Wahana Perahu Naga

Tidak cukup dengan berkeliling taman ini, kamu juga akan dimanjakan dengan jasa perahu yang ada di sini, dengan cukup membayar senilai tujuh puluh ribu rupiah saja kamu akan dimanjakan dengan pemandangan asri di area Tirtagangga ini dengan menggunakan perahu khas dengan motif bali ini. Jika kita mengenal di eropa dengan kanonya, maka di Tirtagangga ini kamu akan diajak keliling taman dengan nuansa Bali, indah sekali bukan?

  1. Pemandian Suci di Tirtagangga

Tidak sampai di situ, kamu juga dapat bermain air atau merasakan kesegaran air yang berasal langsung dari air sumber ini. Tempat ini juga menyediakan fasilitas pemandian air sumber bagi wisatawan yang ingin berenang di tempat ini. tentunya dengan membayar sejumlah uang kamu sudah dapat berenang di sini.

  1. Asesoris Khas Bali

Sepanjang jalan menuju pintu masuk ke Pemandian Tirtagangga ini, terdapat banyak stand-stand yang menjual oleh-oleh khas Bali. Mulai dari pakaian, ukiran-ukiran kayu, hingga berbagai macam makanan-makanan khas Bali lainnya. harga yang dijual juga terjangkau, silahkan jika ingin membeli oleh-oleh khas Bali kamu dapat membeli di sini ya.

Rute dan Lokasi Pemandian Tirtagangga

Tirtagangga ini terletak di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Akses menuju destinasi wisata ini cukup mudah, kamu bisa menggunakankan kendaraan bermotor, mobil, ataupun bus. Perjalanan menuju Tirtagangga ini akan menghabiskan sekitar satu sampai dua jam perjalanan dari Kota Denpasar. Untuk akses lokasi lebih lengkap kamu dapat mencarinya di Google Maps ya.

Harga Tiket Masuk Wisata Tirtagangga

Bagi kamu yang ingin berwisata kesini cukup mebayar tiket masuk seharga 20.000 per orang. Kamu juga akan dikenakan parkir kendaraan 10.000 untuk mobil dan 5000 untuk kendaraan bermotor.

Demikianlah ulasan saya mengenai Pemandian Tirtangga ini. Nah, jika kamu tertarik berwisata ke Tirtagangga ini silahkan rencanakan liburanmu. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan menjaga diri dari penyebaran Covid 19 ya, selamat berlibur fellas.

Ringkasan

Nama : Taman Tirtagangga

Jam Buka :08.00 s.d 18.00

Harga Tiket : Rp.20.000

Parkir Kendaraan : Rp.10.000 (Mobil), Rp.5000 (Motor)

10 thoughts on “Taman Air Tirtagangga Karangasem Bali

  1. Ini buka tiap hari, ya, atau bakalan tutup di hari-hari tertentu? Kayaknya kalau main ke Bali bisa dicoba nih buat nambahin ittinerary ke sini. Apa tiket itu berlaku buat bisa masuk ke semua tempat di dalam situ, Kak? Terus itu untuk anak tiketnya sama aja?

  2. Saya sangat tertarik untuk menyaksikan ikan koi nya. Pengelola taman air tersebut melakukan hal yang luar biasa menurut saya, keberadaan koi memberikan nilai tambah pada pengalaman pengunjung

  3. ternyata bali gak cuma menarik dlm hal … apa ya, susah nyebutinnya. btw pemandangan alam sana bagus2, yg bikin ngeri cuma patung2 yg kadang agak gimana gitu di pikiranku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *