Tunjukan Karya Terbaikmu dalam Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021 bersama IDN Media

Film Pendek atau short film, memiliki daya tarik tersendiri bagi industri perfilman Indonesia khususnya bagi penggemar film pendek di tanah air. Film pendek juga memiliki karakteristik cerita, alur, latar dan peran yang berbeda dibandingkan dengan film biasanya. Pesan yang diangkat dan konflik yang terjadi bisa saja hadir menjadi klimaks dalam cerita atau muncul secara tidak terduga sehingga mampu menghibur para audiens dalam menyaksikan film pendek tersebut.

Maka dari itu, XRM bersama IDN Media pun melihat potensi lahirnya film pendek terbaik hasil karya anak bangsa sehingga mampu mennghasil karya yang patut mendapat apresiasi agar dapat erkembang secara berkelanjutan. Kompetisi Film Pendek yang digelar oleh XRM ini sebagai tempat untuk mewadahi masyarakat Indoneisa dalam berkreativitas membuat kaya film pendek dan mengapresiasi karya terbaik mereka dalam ajang Film Festival: Asia 2021 bersama IDN Media.

Winston Utomo selaku CEO IDN Media mengatakan “Film pendek akan selalu menjadi salah satu bagian penting dari dunia film dan storytelling. Karya-karya film pendek memiliki tempat tersendiri di hati banyak penggemar film, terutama di Sundance Film Festival: Asia. Dalam Short Film Competition ini, kami sangat menantikan kreativitas para sineas Indonesia melalui karya-karyanya. Kami sangat berharap Sundance Film Festival: Asia dapat menjadi wadah bagi berkembangnya Industri film di Indonesia.”

Tak tanggung-tanggung, IDN Media pun menggaet beberapa tokoh terkenal yang akan menjadi juri dalam kompetisi film pendek tersebut, di antaranya adalah:

  1. Kim Yutani, Director of Programming, Sundace Film Festival
  2. Heidi Zwicker, Senior Programmer, Sundance Film Festival
  3. Mike Plante, Senior Short Film Programmer, Sundance Film Festival
  4. Susanti Dewi, Head of IDN Pictures
  5. Joko Anwar, Filmmaker, alumni Sundance Film Festival
  6. Amanda Salazar, Head of Programming and Acquisitions, Argo

Dari berbagai film pendek yang telah dikumpulkan, kemudian akan dilakukan penjurian oleh para juri di atas sesuai dengan ketentuan dan standar penilaian dalam Sundance Film Festival: Asia 2021 ini. Kemudian para pemenang akan memiliki kesempatan untuk ditayangkannya film terbaik yang telah dibuat pada Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia tersebut. Para pemenang juga akan berkesempatan untuk memenangkan hadiah dengan total $2000 atau setara dengan Rp28.000.000 (kurs: Rp14.000). Bagi para insan perfilman Indoensia, festival ini merupakan momen yang tepat untuk menyalurkan bakat dan kreasi dalam menciptakan karya film terbaik anda.

Adanya Sundance Film Festival: Asia 2021 ini, merupakan wujud XRM dan IDN dalam mendukung para insan yang terlibat dalam dunia perfilman lokal yang ada di Indonesia. Adanya festival ini juga tidak hanya sebagai ajang perlombaan saja, melainkan dampaknya nanti mampu melahirkan karya-karya film pendek lainnya secara berkelanjutan. Dengan apresiasi yang diberikan juga sebagai bentuk dukungan, agar perfilman lokal juga mampu berkembang dan bersaing dengan perfilman lainnya di kancah global.

Hal ini sejalan dengan yang dikatakan oleh Arcady Golubovich selaku CEO Argo “Argo sangat senang bisa turut mendukung hadirnya Sundance Film Festival: Asia 2021 dan mendukung para pembuat film pendek. Kami yakin misi kami untuk mendemokrasi distribusi film dengan menghadirkan karya-karya terpilih terbaik untuk audiens global sejalan dengan dukungan yang diberikan bagi potensi-potensi dalam komunitas film pendek.”

Kesimpulan

Dengan bangga XRM dan IDN Media mengajak seluruh pegiat dan komunitas perfilman di manapun berada untuk berpartisipasi dalam mengkuti Kompetisi Film Pendek Sundance Film Festival: Asia 2021 ini. Harapannya melalui festival ini mampu melahirkan karya-karya terbaik, dan mampu berkembang di kancah global. Adanya festival ini juga merupakan wujud dari XRM dan IDN Media dalam mendukung industri perfilman di Indonesia agar menghasilkan karya terbaik dan mampu berkembang secara berkelanjutan.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *