IDN Media Ajak Pembuat Film Lokal Go International melalui Sundance Film Festival: Asia 2021

Kabar gembira kembali hadir bagi pecinta perfilman Indonesia. Sundance Institute dan XRM Media telah resmi mengumumkan program film dan diskusi panel yang akan diselenggarakan oleh Sundance Film Festival: Asia 2021. Perhelatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 23-26 September yang akan datang. Beberapa film yang telah dipilih dapat ditonton secara online. Perlu diketahui acara ini diadakan secara virtual dan tiket kegiatan dapat dibeli mulai tanggal 15 September 2021.

Sundance Film Festival: Asia 2021 ini telah memilih delapan film yang telah dikurasi oleh tim Sundance Film Festival, XRM Media IDN Media.  Menariknya lagi, film-film tersebut ditayangkan secara khusus bagi audiens Indonesia. Tidak hanya itu saja, acara ini juga mempersembahkan diskusi panel yang akan dihadiri oleh insan perfilman terkemuka di kancah lokal maupun internasional.  Sundance Film Festival menjadikan platform Tiktok sebagai media penayangan diskusi tersebut, audiens dapat menyaksikannya pada akun @SundanceFFAsia. Melalui kegiatan tersebut diaharapkan dapat membuka banyak bahasan serta topik yang berkaitan dengan industri perfilman. Pada kesempatan itu juga akan diumumkan peraih Best Short Film Jury Award for the Short Film Competition dan Intensive workshop untuk pembinaan perfilman di Asia Tenggara.

Kim Yutani selaku Direktur Pemrograman di Sundance Film Festival mengatakan “Bersamaan dengan berkembangnya film-film fiksi dan dokumenter di Indonesia, kami begitu antusias terhadap peluncuran Sundance Film Festival: Asia edisi pertama kami.” Ia juga menuturkan “Merupakan suatu kehormatan bagi kami untuk dapat membawa semangat independen Sundance ke komunitas film yang dinamis di Indonesia. Semoga kami dapat terhubung dengan penonton lokal  dan mendukung seniman Indonesia melalui intensive workshop dan panel discussion yang kami selenggarakan.”

William Utama selaku COO dari IDN Media

William Utama selaku COO dari IDN Media menambahkan “Sundance Film Festival: Asia 2021 menghadirkan serangkaian program yang intensif dan komperehensif. Harapan kami para sineas di Indonesia dan regional dapat bertukar wawasan baru mengenai industri perfilman melalui program-program tersebut. Sejalan dengan visi dari IDN Media itu sendiri yang mampu memberi #PositifImpact bagi  masyarakat Indonesia, Sundance Film Festival berkomitmen untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara, kemudian menghubungkan mereka dengan pakar-pakar yang ahli di di Industri Perfilman.”.

Empat film naratif dan empat film dokumenter yang terpilih pada Sundance perdana ini adalah sebagai berikut.

  •  Amy Tan: Unintended Memoir/U.S.A

Sutradara : James Redford

Producer: Karen Pritzker, Cassandra Jebola

  • The Dog Who Wouldn’t Be Quiet/Argentina

Sutradara: Ana Katz

Penulis Naskah: Ana Katz, Gonzalo Delgado

Produser: Laura Huberman, Ana Katz

  • Try Harder/U.S.A

Sutradara: Debbie Lum

Producer: Debbie Lum, Lou Nakasako, Nicco Opper

  • John and the Hole/U.S.A

Sutradara: Pascual Sisto

Penulis Naskah: Nicolas Giacobone

Produser: Elika Portnoy, Aelx Orlovsky, Mike Bowes

  • Luzzu/Malta

Sutradara: Alex Camiller

Penulis Naskah: Alex Camilleri

Produser: rebecca Anastasi, Ramin Bahrani, Alex Camilleri, Oliver Mallia

  • Passing/U.S.A

Sutradara: Rebecca Hall

Penulis Naskah: Rebecca Hall

Produser: Fores Whitaker, Nina Yang Bongiovi, Margot Hand, Rebeeca Hall

  • Users/U.S.A., Mexico

Sutradara: Natalia Almada

Produser: Elizabeth Lodge Stepp, Josh Penn

  • Writing with Fire/India

Sutradara: Rintu Thomas, Sushmit Ghosh

Produser: Rintu Thomas, Sushmit Ghosh

Salah satu cuplikan film yang berjudul Passing/U.S.A.

Program Panel Discussion yang diadakan adalah sebagai berikut:

  1. IDN Media mempersembahkan: Film Outlook – Industri Film Indonesia dari tahun  2016, era pandemik, hingga potensi yang mungkin terjadi pasca pandemik.
  2. IDN Media mempersembahkan: Women in Film Industry
  3. IDN Media mempersembahkan: The Directors:  Festivals and Pathways to Succes
  4. Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Documentary Filmmakers, diikuti dengan sesi tanya jawab bersama Programmer Sundance Film Festival, Kim Yutani dan Heidi Zwicker
  5. Indonesian Short Filmmaking

Fyi, adanya Short Film Competition ini merupakan ajang yang dilakukan untuk mencari, menemukan dan membina talenta-talenta masyaraklat Indonesia yang memiliki bakat di dalam industri perfilman. Kemudian mengenalkan perfilman kepada mereka hingga ke kancah global. Di samping itu juga, Tujuan Sundance Film Festival: Asia Intensive Program ini adalah untuk menjangkau dan menemukan bakat-bakat dalam dunia perfilman dan mengenalkan mereka kepada para pakar yang ahli di dalam industri perfilman.

Informasi Tiket:

Rabu, 15 September 2021, 09.00: Sundance Film Festival: Asia 2021 screening Passes tersedia di SundanceFilmFestivalAsia.org

Harga Tiket:

Rp.30.000/Single Screening

Rp.85.000/Explorer untuk akses semua screening     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *