Najeela Shihab Juri Pahlawan IDN, Inisiasi IDN Media dalam Peringatan Hari Pahlawan

Beberapa hari yang lalu, masyarakat Indonesia telah memeringati peringatan Hari Pahlawan yaitu pada tanggal 10 November 2021. Hal ini menjadi penyemangat nasionalisme dan patriotisme masyarakat Indonesia dalam mengenang  jasa-jasa para pahlawan.  Rasanya ingin sekali menuliskan banyak hal tentang  makna perjuangan di  hari pahlawan ini, kita tentunya tidak asing dengan  slogan “JASMERAH” yaitu Jangan melupakan sejarah.  Benar sekali, walaupun sekarang kita hidup di masa keemerdekaan Indonesia dan tidak ikut merasakan bagaimana perjuangan para pahlawan, tetapi  tentu kita patut memeringati dan meramaikan hari pahlawan ini dengan berbagaai event-event yang membangkitkan semangat nasionalisme.

Jika dulu para pahlawan berjuang merebut kembali kemerdekaan bangsa Indonesia, saat ini kita dapat merayakannya dengan berbagai macam kegiatan positif dan konstruktirf. Mulai dari event kompetisi atau seminar-seminar yang bertajuk kebangsaaan dan kepahlawanan.  Hal ini pun telah dilakukan oleh salah satu media terkenal yang ada di Indonesia yaitu IDN Media. Dengan membuat program Pahlawan IDN, IDN media mengajak para generasi muda Indonesia dan masyarakat pada umumnya untuk mencari pahlawan-pahlawan muda yang ikut andil dalam memajukan bangsa Indonesia di zaman reformasi ini.

Setelah serangkaian kegiatan Pahlawan IDN telah dilaksanakan, pada tanggal 10 November 2021. IDN Media telah mengumumkan 5 pemenang utama dari Program Pahlawan IDN ini langsung melalui akun Tiktok IDN Media. Dengan Tagline Satu Negeri Beragam Inspirasi,program tersebut menjadi tempat bagi para Milenial dan Gen Z yang mampu menjadi pelopor gerakan positif di berbagai bidang seperti Pendidikan, Lingkungan, Kesehatan, Ekonomi, Teknologi, Proyek Kreatif, dan Komunitas. Berikut ini adalah daftar 5 pemenang dari ajang Program Pahlawan IDN yang terpilih:

  1. Riliv, diwakili oleh Audrey Maximillian Herli
  2. Plana (Plastic for Nature), diwakili oleh Joshua Christopher Chandra
  3. Mataharikecil Indonesia, diwakili oleh Yasser Muhammad Syaiful
  4. BecomeMore Indonesia, diwakili oleh Agalia Sakanti Ardyasa
  5. Literasi Anak Banua, diwakili oleh Alvian Wardhana

Program IDN ini pun juga mendapat banyak respon positif dari berbagai pihak yang bergerak di bidang masing-masing, utamanya para juri di Program Pahlawan IDN ini,  di antaranya sebagai berikut:

  • Uni Lubis (Editor-in-Chief IDN Times):

 “Selamat untuk ke-5 penerima anugerah Pahlawan IDN yang baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini. Berfokus pada inovasi dan dampak yang sudah diberikan oleh Millennial & Gen Z, Pahlawan IDN memiliki keunikannya tersendiri. Variasi dari finalisnya pun luar biasa, mulai dari literasi, kesehatan mental, sampai lingkungan. Semoga, dengan anugerah ini, kalian dapat terus menjaga komitmen kalian untuk terus menjaga keberlanjutan organisasi, membangun komunitas yang solid, serta semakin menjamin transparansi dan akuntabilitas kalian. Dengan demikian, peluang-peluang yang lebih baik pun akan terbuka.”

  • Najeela Shihab (Pendidik & Pendiri Semua Murid Semua Guru):

“Selamat untuk para pemenang! Semoga percakapan-percakapan yang telah peserta lakukan dengan dewan juri dapat selalu diingat di sepanjang perjalanan. Teruslah berfokus pada dampak dan keberlanjutan dari kegiatan ini. Memberdayakan pihak lain juga harus dimulai dengan memberdayakan diri kita sendiri, jadi saya harap, akan ada lebih banyak orang yang sadar bahwa diri kita sendiri, adalah perubahan yang selama ini kita nanti-nantikan.”

  • William Hendradjaja (Chief of Business Skilvul & Managing Partner of SIAP):

“Saya sangat terinspirasi oleh teman-teman yang bahkan sudah berkomitmen untuk melakukan misi sosial dan lingkungan ini di usia yang masih sangat muda. Bahkan, beberapa ada yang masih duduk di bangku kuliah. Terima kasih atas partisipasi teman-teman dan akan apa yang sudah kalian lakukan sejauh ini. Perjalanan kalian masih sangat panjang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari support system yang dapat mendukung hal-hal baik yang telah teman-teman inisiasi.”

Saya sebagai generasi milenial tentunya sangat mengapresiasi program-program seperti ini, tidak hanya memiliki tujuan positif tetapi juga dampak positif dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik. Harapannya IDN Media juga dapat menjadi inisator media-media lainnya di Indonesia sehingga kedepannya akan banyak lagi program-program serupa sehingga dapat memunculkan generasi-generasi milenial Indonesia yang berperan aktif dalam memajukan bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *