Komunitas Jampang Bergerak

Kisah Inspiratif Aksi Pemuda Bangun Desa melalui Komunitas Jampang Bergerak

Peran Anak Muda dalam Pembangunan Indonesia

Menurut data yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 lalu, Indonesia akan mengalami bonus demografi yang terjadi pada kisaran waktu tahun 2030 sampai dengan 2050. Bonus Demografi ini dapat diartikan sebagai fenomena di mana jumlah penduduk usia produktif memiliki kuantitas yang lebih banyak dibandingkan usia tidak produktif. Penduduk dengan usia produktif dapat dikategorikan sebagai penduduk dengan usia 15-64 tahun. Usia produktif ini mencapai 67,6% sedangkan usia tidak produktif mencapai 26-27%. Kabar gembira ini tentu menjadi isu positif dalam pembangunan Indonesia baik di sektor ekonomi dan pembentukan SDM yang unggul.

Sudah Siapkah Indonesia Menghadapi Bonus Demografi tersebut?

Sampai saat ini kita telah banyak mendengar kisah-kisah usahawan muda yang sukses dalam membina karir dan memiliki peran penting dalam pembangunan Indonesia. Sebut saja banyak nama yang disebutkan tercatat sebagai orang tersukses di bawah usia 30 tahun menurut majalah Forbes Indonesia.

Namun, hal yang jarang menjadi sudut perhatian masyarakat adalah bagaimana peran anak muda dalam memajukan mayarakat desa?

Jampang Bergerak, Aksi Positif Anak Muda Bangun Desa

Komunitas Jampang Bergerak adalah komunitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan dengan tujuan terwujudnya kesetaraan sosial melalui kegiatan berbagi yang berpedoman pada nilai –niai kemasyarakatan.

Kata Jampang sendiri berasal dari nama daerah di Sukabumi, Jawa Barat yang dikenal dengan daerah Pajampangan yang meliputi Surade, Jampangkulon, Ciracap, jampang tengah, Sagaranten dan beberapa wilayah lainnya. Melalui penjelasan tersebut dapat kita ketahui bahwa Jampang Bergerak merupakan komunitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan dalam membangun daerah Jampang.

Visi dan Misi Komunitas Jampang bergerak

  • Visi

Terwujdunya kesetaraan sosial melalui kegiatan berbagi yang berpedoman pada nilai-nilai sosial kemasyarakatan

  • Misi
  1. Membangun empati dan Simpati masyarakat
  2. Meningkatkan partisipasi derma masyarakat untuk kegiatan amal dan sosial
  3. Mengembangkan sedekah sebagai alternatif dalam mengatasi kemiskinan
  4. Menjalankan bantuan sosial bagi kaum Du’afa (lansia, yatim piatu, dll)

Tujuan lain dari Jampang Bergerak ini adalah untuk mengajak para pemuda Jampang agar ikut bersama dalam membangun Jampang dengan berbagai kegiatan positif sebagai bentuk kepedulian terhadap sekitar.

Adapun kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh Komunitas Jampang Bergerak ini adalah sebagai berikut

Santunan Anak Yatim

Komunitas Jampang Bergerak

Santunan terhadap para Lansia

Komunitas Jampang Bergerak

Berbagi Al Qur’an, Iqro, dan Juz Amma

Komunitas Jampang Bergerak

Melalui dedikasi yang tinggi dari aksi pemuda Jampang Bergerak ini harapannya dapat membantu masyarakat Jampang yang membutuhkan, dan turut andil dalam memajukan Jampang dari segi sosial dan pendidikan masyarakat.

Sumber Pendanaan Komunitas Jampang Bergerak

Alhamdulillah, sampai saat ini seluruh kegiatan Komunitas Jampang Bergerak ini dapat terealisasi dengan baik berdasarkan sumbangan atau donasi yang diberikan oleh para Donatur sendiri yang mewadahi Jampang Bergerak untuk menyalurkan bantuan tersebut kepada warga yang membutuhkan.
Komunitas Jampang Bergerak juga mengajak bagi siapa pun khususnya warga Pajampangan agar turut serta merealisasikan kegiatan-kegiatan positif Jampang Bergerak ini kepada masyarakat yang membutuhkan. Bagi kamu yang ingin menyalurkan bantuan pendanaan atau pun bantuan lainnya dapat mengirim bantuan ke rekening berikut ya.

Komunitas Jampang Bergerak

Jangan lupa follow official akun instagram Jampang Bergerak dengan akun @jampang_bergerak ya. thank you

One thought on “Kisah Inspiratif Aksi Pemuda Bangun Desa melalui Komunitas Jampang Bergerak

  1. Keren….
    Semangat terus buat para relawan Jampang Bergerak
    Semoga apa yang disemogakan tersemogakan
    Dan semua kegiatan bernilai ibadah di mata Allah SWT aamiin allahumma aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.