Berikut ini Fitur-fitur yang Dapat Kamu Gunakan di Threads

Baru-baru ini Mark Zuckerberg telah merilis aplikasi terbarunya yaitu Threads. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi keluaran Meta yang dapat menghubungkan antar netizen dimanapun berada. Tampilan dan fitur Threads yang dinilai mirip dengan twitter membuat banyak pengguna twitter beralih menggunakan Threads. Hal ini lantaran banyak kebijakan-kebijakan twitter akhir-akhir ini yang membatasi ruang gerak para pengguna twitter. Salah satunya adalah kebijakan mengenai akun verifikasi dan batasan tweet yang muncul bagi pengguna twitter yang tidak terfeverifikasi.

Dikutip dari akun Threads milik Mark Zuckeberg terdapat 70 juta pengguna yang telah membuat akun di Threads dalam 18 jam. Aplikasi ini pertama kali muncul di Eropa dan kini sudah dirilis di banyak negara di dunia. Apa saja ya fitur yang bisa kamu gunakan di Threads ini, simak penjelasan saya berikut ini.

1. Membuat postingan

Sama seperti fitur aplikasi sosial media lainnya, dengan Threads kamu dapat membuat postingan dengan maksimal 500 karakter. Berbeda dengan twitter yang hanya bisa menggunakan maksimal 300 karakter saja. Dengan tampilan aplikasi yang simple dengan latar berwarna hitam ini kamu dapat membuat postingan dan membagikannya ke followersmu.

2. Reply postingan

Jika kamu sudah saling terhubung dengan followers di Threads, atau bisa dibilang dengan istilah kerennya “mutualan” kamu pun dapat saling bebalas postingan satu sama lain. Namun sayangnya di reply Threads belum support penggunaan stiker layaknya di twitter.

3. Like dan posting ulang

Kamu bisa menyukai postingan di Threads dengan memilih fitur like. Selain itu juga kamu dapat memposting ulang sebuah postingan atau posting ulang dengan kutipan. Hal ini memiliki kemiripan seperti fitur yang dimiliki oleh Platform Twitter. Kamu juga dapat mention followers kamu di postingan, reply ataupun di postingan ulang.

4.Profil Threads

Pada pilihan profil terdapat nama pengguna, username dan bio. Kamu dapat mengganti foto profil dan meanmbahkan tautan blog atau website kamu. Di bagian profil juga kamu dapat melihat jumlah pengikut dan orang yang kamu ikuti di Threads.

Threads merupakan aplikasi yang sederhana dan banyak diminati penggunanya. Dengan aplikasi yang lebih dominan diisi dengan konten tulisan penggunanya. Para netizen pun dapat saling membalas postingan satu sama lain di Threads.

Fitur yang belum tersedia di Threads

Mengingat aplikasi threads ini digadang-gadang menjadi pesaing dari aplikasi Twitter. Masih ada beberapa fitur Threads yang belum ada seperti di twitter. Contohnya adalah seperti melihat trending topic, mengirim pesan pribadi, penggunaan stiker, menampilkan foto profil seseorang dan lainnya. Namun, kendati demikian pengguna Threads tetap enjoy dalam memanfaatkan aplikasi Threads tersebut.

Perlu Diketahui

Setelah beberapa hari Threads dirilis, munculah beberapa hal yang menjadi perhatian pengguna Threads yaitu pada saat penghapusan akun. Pada saat pembuatan akun Threads, akun tersebut sudah tersinkronisasi dengan akun kita di Instagram. Jadi, jika kamu ingin menghapus akun di Threads maka otomatis akun di Instagram juga ikut terhapus. Maka solusi yang dapat dilakukan hanyalah deactive akun Threads-mu sementara agar akun instagram-mu tidak ikut terhapus.

Demikianlah ulasan saya mengenai fitur-fitur yang ada di aplikasi Threads, bagi kamu yang mau mutualan bisa follow saya di akun threads @jejak_panorama ya. Yuk, bijak menggunakan sosial media dan tetap berbagi konten positif di platform sosial media manapun.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version