Desa Kelahiran Ganjar Pranowo yang Indah Menjadi Sorotan Publik

Menjelang Pemilu 2024 nanti, sejumlah tokoh publik menjadi sorotan masyarakat pada umumnya. Termasuk calon presiden Ganjar Pranowo. Ganjar merupakan sosok pemimpin yang sederhana dan merakyat. Hal ini karena latar belakang beliau dari desa kelahirannya yang ramah dan sederhana. Hal ini juga menjadi karakter dari sifat Ganjar yang terjaga sampai saat ini. Tidak hanya kehidupan karir dan keluarga, desa kelahiran Ganjar Pranowo yang indah juga turut menjadi sorotan publik. Berikut ini ulasan saya mengenai tempat dimana Ganjar Pranowo dilahirkan.

Kenali Desa Kelahiran Ganjar Pranowo

Diketahuii Ganjar Pranowo lahir pada tanggal 28 Oktober 1968.  Beliau lahir di desa Tawangmangu, Karanganyar. Ganjar Pranowo merupakan putra dari Bapak Parmudji Pramudi Wiryo dan Ibu Sri Suparni. Pada masa kecilnya Ganjar Pranowo memiliki nama asli yaitu Ganjar Sungkowo. Ganjar diketahui memiliki arti Ganjaran dan Sungkowo berarti kesialan. Orang tua Ganjar berfikir kembali tentang penamaan tersebut, mereka khawatir nama itu justru menjadi doa ke anaknya tersebut.  Akhirnya orang tuanya pun mengganti namanya menjadi Ganjar Pranowo. 

Sekilas tentang Desa Tawangmangu, Karanganyar

Desa Tawangmangu merupakan daerah yang terletak di Kecamatan Karanganyar, Jawa Tengah. Desa ini terkenal dengan letaknya yang berada di dataran tinggi dan bersuhu dingin. Banyak orang yang mengatakan bahwa Desa Tawangmangu ini merupakan tempat yang cocok untuk melakukan healing. Letaknya yang berada di kaki gunung Lawu, maka banyak wisatawan lokal sampai nasional yang datang untuk mendaki ke Gunung Lawu. Gunung yang indah dengan panorama pemandangannya yang mempesona ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.  

Sumber: Okezone Travel

Keindahan Desa Tawangmangu ini memberikan dampak positif bagi warga setempat. Banyaknya wisata lainnya seperti air terjun yang ada di sana juga turut mengundang datangnya wisatawan. Salah satunya adalah banyak warung makan lokal hingga villa yang dibangun warga lokal bagi wisatawan yang ingin menginap. Laju pariwisata tentu diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desa tersebut. Sampai saat ini Desa Tawangmangu masih menjadi primadona bagi masyarakat setempat.

Desa Kelahiran Ganjar, Pengalaman Beliau Semasa Kecil 

Ganjar mengatakan bahwa kampung halamannya memiliki kenangan yang mendalam. Desa Tawangmangu merupakan desa dimana beliau menghabiskan masa kecilnya. Rumahnya yang berada di belakang terminal tawangmangu menjadi tempatnya dahulu semasa kecil. Ia juga mengenyam pendidikan SD di desa tersebut. Ia menceritakan pengalaman hidupnya kala itu sedang dalam kesusahan, tetapi dengan kesusahan tersebutlah yang menyatukan keluarga tersebut. Ia juga mengenang bagaimana kehidupan beliau di desa tersebut.

Makanan Favorit Ganjar di Desa Kelahirannya

Ketika Ganjar Pranowo menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, beliau sempat berkunjung ke desa kelahirannya. Ia pun mengatakan ingin mencicipi makanan desa Tawangmangu yang pernah ia coba semasa kecil.  Bothok dan Gereh Layur menjadi makanan khas yang ia coba ketika berkunjung ke Desa Tawangmangu.

Ganjar Pranowo merupakan sosok pemimpin yang sederhana dan bersahaja. Memiliki jiwa yang mudah bersosialisai, tegas dan santun ia dapat dari pengalaman hidupnya semasa kecil. Hal ini membuktikan bahwa menjadi calon presiden bukanlah mereka yang berasal dari masyarakat kota. Anak desa juga memiliki kesempatan yang sama dalam memimpin negeri tercinta ini. Calon Presiden Ganjar Pranowo dan wakilnya Mahfud MD menunjukkan bahwa siapapun bisa menjadi calon pemimpin untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version