Masjid Agung Al Hidayah Malang Replika Kemegahan Hagia Shopia Turki

Memasuki bulan ramadhan terdapat masjid yang cukup ramai menjadi perbincangan publik. Bangunannya yang indah digadang-gadang mirip dengan keindahan replika bangungan Hagia Shopia di Turki. Jika pada postingan sebelumnya saya pernah mengulas tentang keindahan Masjid Ar Rahman Blitar yang mirip seperti Masjid Nabawi di Madinah. Kini Saya akan mengulaskan keindahan Masjid Agung Al Hidayah yang merupakan replika dari Hagia Shopia di Turki. Menariknya lokasi masjid ini berada di Malang, maka masjid ini pun ramai dikunjungi oleh warga lokal yang penasaran dengan masjid tersebut.

Sumber: trip advisor

Lokasi Masjid Agung Al Hidayah Malang

Masjid Agung Al Hidayah ini terletak di Jl. Raya Karangan, Jakaan, Bonowarih, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang. Kamu akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi masjid tersebut dari Kota Malang. Bangunannya yang tepat berada di pinggir jalan raya sangat mudah ditemui. Untuk lokasi lebih lengkap kamu dapat melihat alamat lengkapnya  melalui Google Maps ya.

Pembangunan Awal Masjid Al Hidayah

Berdasarkan berbagai sumber yang ada, masjid ini diketahui telah ada sejak masa Belanda namun masih dalam bentuk bangunan yang sederhana. Kemudian pada tahun 2008 terjadi renovasi besar-besaran dilakukan dalam pembangunan masjid tersebut. Pada awalnya pembangunan masjid ini hanya ingin menjadikan masjid menjadi lebih bagus dan megah. Bangunannya juga berbeda dengan masjid pada umumnya di Kota Malang. Mereka melihat sebuah gambar masjid yang megah pada suatu kalender. Mereka pun sepakat untuk membangun masjid dengan model tersebut. Diketahui gambar masjid tersebut adalah Hagia Shopia yang terletak di Instanbul Turki. Akhirnya dengan gotong royong bersama masjid tersebut berhasil direnovasi kurang lebih selama 10 tahun.

Keindahan Masjid Agung Al Hidayah Malang

Sumber: Times Malang

Masjid Al Hidayah ini memiliki keindahan bangunan yang megah. Setiap dinding memiliki ornament yang khas. Terdapat 16 kubah yang telah dihias dengan sedemikian rupa. Adanya banyak motif di setiap kubahnya membuat bangunan masjid ini mirip dengan bangunan Hagia Shopia yang ada di turki.

Masjid ini terdiri dari tiga lantai, pada lantai satu difungsikan sebagai kamar mandi dan tempat wudhu. Kemudian lantai dua dan tiga digunakan sebagai tempat beribadah. Masjid  Al Hidayah secara keseluruhan dapat menampung kurang lebih 700 jamaah. 

Referensi Destinasi Religi di Kota Malang

Masjid yang kita kenal dengan segala keindahan dan kemegahannya. Bangunan ini dapat menjadi referensi destinasi religi yang dapat kamu kunjungi di Kota Malang. Bagi kamu yang berasal dari luar kota Malang juga tidak perlu khawatir untuk dapat berkunjung ke masjid ini. Karena tidak hanya akses lokasi yang mudah di cari, masjid ini juga terbuka untuk masyarakat pada umumnya. Jika kamu berasal dari daerah yang jauh, terdapat banyak rekomendasi hotel murah di malang yang dapat menjadi alternartif menginap. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi ketika ingin berkunjung ke Masjid Agung Al Hidayah ini.

Demikianlah ulasan saya mengenai Masjid Agung Al Hidayah Malang. Bagi kamu yang sedang berada di Malang atau sekitarnya. Masjid ini dapat menjadi salah satu referensi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Tidak hanya masjidnya yang megah dan indah, kita juga dapat belajar lebih banyak tentang ajaran islam dan memaksimalkan ibadah kita di Bulan Ramadhan.  

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version