Masjid Ar-Rahman Kota Blitar, Indahnya Seperti Masjid Nabawi di Madinah

 
Bagi teman-teman yang sedang berada di Kota Blitar atau sedang melakukan perjalanan di Blitar, terdapat salah satu tempat yang dapat menjadi rekomendasi untuk berwisata religi, beristirahat atau hanya sekedar berkunjung saja. Tempat tersebut adalah Masjid Ar-Rahman Blitar, Masjid ini sama saja dengan masjid-masjid lainnya. Namun masjid ini memiliki keunikan-keunikan lainnya yaitu arsitektur bangunannya yang mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Mau tau bagaimana keindahan Masjid Ar-Rahman ini, yuk simak lebih lanjut postingan kali ini ya.
 

Lokasi Masjid Ar-Rahman Kota Blitar

 
Masjid Ar-Rahman Kota Blitar ini terletak di Jalan Ciliwung, No. 2 Bendo, Kecamatan Kepanjen kidul, Kota Blitar. Jika teman-teman berangkat dari Kota Malang akan menghabiskan waktu sekitar 2 jam saja. Tetapi jika berada di Kota Blitar, Kita hanya butuh waktu beberapa menit saja untu mencapai masjid ini. Jika masih bingung dengan alamat masjid ini, teman-teman dapat mencari alamat tersebut melalui Google Maps ya.
 

Fasilitas yang disediakan oleh Masjid 

 
Setelah saya mengunjungi masjid tersebut, terdapat beberapa fasilitas yang disediakan oleh pihak masjid. Pihak masjid juga sedang fokus terhadap pembangunan gedung baru di sisi kanan masjid. Untuk fasilitasnya sudah cukup lengkap seperti tempat parkir yang luas, yaitu mampu menampung puluhan kendaraan mobil dan motor. Namun untuk bis masih belum bisa. Terdapat tempat penitipan barang, dan peminjaman sarung. Terdapat juga beberapa wastafel, tempat wudhu dan kamar mandi yang berada di ruangan terpisah. Di setiap keran juga sudah disediakan sabun cair, sebagai bentuk pencegahan COVID-19 berdasarkan protokol kesehatan yang telah ditentukan.
 
 
 
 
 
Wastafel yang digunakan juga sudah lebih modern, karena sudah menggunakan mode otomatis. Tempat wudhu untuk putra juga sudah cukup banyak, jadi jamaah tidak perlu mengantri lagi setiap ingin berwudhu. Kamar mandi juga sudah cukup banyakn di masjid ini. Salah satu yang membuat nyaman jamaah ketika berada di masjid ini adalah desain tiap ruangan yang indah dan mewah. Di samping itu juga kebersihan yang sangat terjaga di setiap ruangan, meskipun banyak orang yang berlalu lalang.
 
                      
 

Keindahan Masjid Ar-Rahman 

 
Masjid Ar-Rahman Kota Blitar ini memiliki keindahan tersendiri karena memiliki ciri khas utamanya seperti Masjid Nabawi di Madinah Al Mukarromah. Walaupun Masjid Ar-Rahman ini tidak seluas seperti Masjid Nabawi, tetapi secara keseluruhan, Masjid Ar-Rahman ini telah mewakili replika Masjid Nabawi di Madinah. Mulai dari tempat parkirnya, terdapat sepuluh tiang dimana empat tiangnya didesain seperti payung layaknya tiang di Masjid Nabawi. Di samping itu juga, terdapat interior ruangan di tempat wudhu dan kamar mandi yang dilapisi keramik dengan warna khas seperti di Masjid Nabawi.
 
 
 
 
 
 
Ketika memasuki ruangan dalam masjid, Kita akan disambut dengan arsitektur bangunan yang mirip dengan Masjid Nabawi, yaitu mulai dari pintu masuknya yang terdapat ukiran yang berwarna emas, atap bangunan juga mulai dari kombinasi warna, bentuk ukiran di atap bangunan. Selanjutnya adalah tempat mimbar dan imam, di tempat imam terdapat replika kiswah yang berada di dinding tempat imam. Mimbarnya juga didesain dengan sedemikan rupa hingga mirip dengan Masjid Nabawi. Terdapat pembatas bagi wisatawan yang ingin berfoto di dalam masjid. Sesuai dengan pembatas yang telah ditentukan pihak masjid agar tidak mengganggu orang yang sedang shalat.
 
 
Demikianlah ulasan saya mengenai Masjid Ar-Rahman Blitar ini. Secara keseluruhan Masjid Ar-Rahman ini bisa dikatakan sebagai replika dari Masjid Nabawi Madinah. Hal tersebut dapat dilihat dari arsitektur bangunan dan keindahan dari masjid tersebut. Nah, bagi teman-teman yang sedang berada di Kota Blitar atau sedang melakukan perjalanan ke Blitar. Bisa menyempatkan waktu juga untuk berkunjung ke Masjid Ar-Rahman Blitar ini ya. Semoga kelak kita juga dapat berkunjung ke Masjid Nabawi dan menunaikan ibadah sahalat di sana, Amin Ya Rabbal Alamin. Semoga Bermanfaat
 
Bonus Foto
 

Baca juga: Berkah Ramadhan dan Perantau yang Tidak Pulang

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

6 thoughts on “Masjid Ar-Rahman Kota Blitar, Indahnya Seperti Masjid Nabawi di Madinah”

  1. Masya Allah beneran mirip banget kak, iya ini mulai dari corak dan lengkung dan tiangnya. Satu lagi itu, payung buka tutupnya berasa di Madina Masjid Nabawi. Tempat wudhu, mihrab Masya Allah Kayaknya kudu ke sana nih orang-orang Blitar, gampang banget juga kesononya ygy.

  2. klo boleh saran, utk seluruh DKM, masjid bs rame itu bkn semata krn indahnya (bkn berarti gak boleh indah) melainkan keterlibatan masyarakat sekitar yg itu ngefek ke kenyamanan masjid tsb. aku dah sering ketemu masjid bagus tp dikunci. masjid di tengah masyarakat tp pesing bukan main, dll contoh. justru masjid yg ramah thd anak & remaja, walau sederhana tp terus dibuka, bersih, warganya diayomi, yg seperti itulah yg rata2 makmur. Allahua’lam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version