Blog Terindeks Google

10 Cara Menghasilkan Uang melalui Ngeblog

Berbicara tentang blog, banyak hal sebenarnya yang kita bisa lakukan ketika menjadi seorang blogger. Mulai dari menulis banyak hal yang kita sukai hingga mengedit template blog yang kita punya dengan sebagus mungkin sehingga para pengunjung akan terus kembali lagi mengunjungi blog kita. Disamping itu juga, jika kita telaten dan rajin membangun dan branding blog sebagus mungkin. Melalui blog kita juga bisa menghasilkan penghasilan loh. Pasti seru rasanya ketika hobi kita menjadi pekerjaan yang menggiurkan bagi diri kita sendiri. Lalu bagaimana cara menghasilkan uang melalui ngeblog ? Banyak cara sebenarnya yang bisa kita lakukan supaya dapat menghasilkan uang melalui blog hanya tinggal bagaimana kita sendiri menyikapinya. Eits.. tetapi jangan lupa untuk tetap kembali ke tujuan awal kita ngeblog ya, kecintaan dan hobi kita terhadap dunia kepenulisan dan blogger menjadi pedoman awal kita menulis. Jadikan penghasilan yang kita peroleh menjadi bonus atas hobi kita dalam dunia blogger. Nah berikut ini adalah cara menghasilkan uang melalui ngeblog. Yuk simak lebih lanjut ya..

1. Bisnis Online


Berada di zaman industri 4.0 ini tentunya perkembangan zaman akan terus berubah dan berkembang semakin maju. Dahulu dimana kita berbisnis hanya melalui toko /atau berjualan dengan secara langsung terjun ke lapangan. Kini kita bisa berjualan atau berbelanja hanya dengan menggunakan smartphone kita saja. Bisnis online menjadi suatu pekerjaan yang banyak diminati pada zaman ini. Lalu apa yang bisa teman-teman lakukan? Buatlah suatu produk yang bisa dijual dengan online, buatlah website/blog sebagai wadah menjual produk tersebut. Bangun dan perkuat blog dengan branding. Bangun banyak link dan mitra, terakhir jangan lupa share sebanyak-banyaknya ke temen-temen kamu terutama di sosial media yang kamu punya. Bagi kamu yang punya minat yang tinggi dalam dunia bisnis. Langkah ini sangat bisa kamu kembangkan loh.. btw saya belum menjalankan tahap ini ya.. karena belum ada minat dalam dunia entrepreneurship hehehe.


2. Google Adsense 

Google Adsense (GA) bisa menjadi cara lain yang bisa kamu gunakan dalam menghasilkan uang, kita bisa mendaftarkan akun blog kita ke pihak Google Adsense sebagai Publisher. Tak banyak yang tahu bagaimana langkah-langkah agar berhasil mendaftarkan diri ke Google Adsense. Ada yang hanya satu mingggu saja, ada juga yang sampai dua minggu dan bahkan ada yang sampai satu bulan dan lebih. Jika blog kita diterima di Google Adsense, tampilan blog kita akan ditambah dengan iklan-iklan yang disediakan pihak Google. Cara menghasilkan uang melalui Google Adsense adalah dengan sistem CPC (Cost per click) dan jumlah tayangan, jadi ketika ada yang meng-klik iklan di blog temen-temen, hal tersebut bisa menghasilkan uang dan tayangan blog per 1000 juga bisa menghasilkan dengan jumlah tertentu. Namun, disisi lain, tak sedikit juga yang blognya belum diterima oleh Google Adsense, hal ini disebabkan oleh blog yang belum layak atau tidak sesuai dengan kebijakan Google Adsense.
 
Eitss.. teman-teman nggak perlu khawatir, terdapat banyak platform lainnya yang  juga menyediakan jasa publisher seperti Google Adsense loh.. mulai dari Adnow, Mgid, dan lain-lain.. jadi bagi temen-temen yang pernah ditolak oleh GA, boleh tuh nyoba juga di Adnow ataupun platform lainnya. Walaupun, jumlah penghasilan GA lebih banyak, tapi platform lain juga layak untuk dicoba. Dilain waktu saya juga akan bahas platform lainnya selain google adsense ya guys……

3.      Content Placement

Content Placement adalah sebuah jasa penulisan atau menaruh tulisan di blog kita dari pihak tertentu. Content Placement biasanya teks artikel telah disedikan oleh pihak advertiser, teman-teman hanya tinggal mengepost ulang artikel yang diberikan. Biasanya pihak advertiser menaruh link atau backlink di artikel tersebut yang berguna untuk menaikkan rate blog/website mereka. Teman-teman sebenarnya hanya tinggal menaruh saja artikel yang telah diberikan advertiser di blog kita, namun jika teman-teman ingin mengedit juga tidak apa-apa. Biasanya pihak advertiser, akan melihat blog yang memiliki branding yang tinggi untuk memberikan jasa content placement tersebut. Oh iya banyak lohh.. platform yang menyediakan jasa content placement seperti Vira.id, Sosiago.id, Sribulancer, Freelancer, Fiver dan lain-lain. Selamat mencobaa ya guys..

4.      Job Review

Job review berbeda dengan content placement, tugas kita sebagai blogger adalah mereview sebuah produk atau lainnya yang dimiliki pihak pengiklan. Biasanya yang bisa kita lakukan adalah mereview produk seperti pakaian, asesoris, elektronik, alat kecantikan dan lain-lain. Tapi kita juga bisa mereview hotel, restoran, destinasi wisata dan lain-lain. Setelah kita selesai mereview produk secara langsung, kemudian kita diwajibkan mengulas dan menulis di blog ya teman-teman. Lag-lagi.. job review ini akan diberikan kepada blog yang brandingnya bagus dan tinggi, disisi lain, punya link yang bagus juga cocok menjadi salah satunya agar bisa melakukan review secara berkelompok.

5.      Iklan Sendiri

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah membuat iklan untuk blog kita sendiri, maksudnya adalah teman-teman membuka jasa iklan sendiri di blog teman-teman sekalian. Hal ini bisa kita lakukan ketika blog kita telah ramai dan rate yang tinggi. Teman-teman bisa membuka jasa iklan ini, disamping juga menggunakan GA. Jadi bisa menambah penghasilan lebih melalui iklan tersebut,untuk pembyarannya pun bisa teman-teman tentukan sendiri dengan kesepakatan bersama. 

6.      Jasa Backlink

Backlink juga menjadi tempat yang dapat gunakan untuk mendapat penghasilan, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya backlink banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan online untuk meningkatkan blog mereka melalui jasa backlink. Terdapat platform juga yang merupakan tempat menerima jasa backlink yaitu rajabacklink.com teman-teman juga bisa mendaftarkan blog ke link tersebut dan tentunya akan mengalami tahap penyeleksian.

7.      Forum blogger

Bergabunglah dalam forum-forum blogger yang ada di daerahmu dan nasional. Melalui hal tersebut kita juga bisa mendapat banyak informasi-informasi yang mana bisa menjalin kerjasama dan kemitraan. Tak sedikit juga para forum blogger dipercaya oleh perusahaan-perusahaan ternama untuk membuat campaign bagi para blogger di komunitas tersebut. Banyak nih forum yang bisa diikuti mulai dari Komunitas Sahabat Blogger (KSB), Blogger Crony Community, Komunitas ISB, Warung Blogger, Kampung Blogger dan lain-lain.
 

8.      Content Creator Desain Website

Nah bagi teman-teman yang suka dunia koding atau edit html, hal tersebut bisa digunkan  untuk jasa pembuatan website dan theme blog loh. Untuk jasa ini pun juga menghasilkan uang yang cukup menggiurkan karena dapat mempunyai blog yang bagus dan keren layaknya website-website ternama.
 

9.      Lomba Blog

Lomba blog juga bisa menjadi wadah bagi kita untuk menghasilkan uang, selalu saja ada update lomba blog tiap minggunya yang bisa teman-teman lakukan sehingga jika kita beruntung, kita pun bisa menghasilkan uang melalui lomba blog tersebut. Tetapi jika kita belum beruntung, tak perlu merasa kecewa juga.. jadikan lomba blog ini menjadi ajang melatih diri agar tulisan yang kita buat semakin baik lagi kedepannya. Semangat berproses para bloggerpreneur! 😀
 

10.  Shortlink

Menggunakan Shortlink juga bisa menjadi alternatif lainnya supaya bisa menghasilkan uang melalui ngeblog, shortlink adalah fplatform dimana berfungsi untuk memperpendek link artikel kita. Setelah artikel kita diperpendek, jika link tersebut diklik akan beralih ke halaman dimana diarahkan menuju iklan lalu dapat dialihkan ke link utama blog kita. Melalui hal tersebut kita juga bisa menghasilakn uang loh.. shortlink ini biasanya banyak digunakan oleh orang-orang dengan blog download atau streaming. Sebagai contoh berikut merupakan postingan saya mengenai salah satu shortlink menghasilkan uang.
 
Demiikianlah ulasan saya mengenai 10 cara menghasilkan uang melalui ngeblog, nah sebagai seorang blogger menghasilkan uang melalui tulisan yang kita buat sungguh menyenangkan. Tetapi jangan sampai lupa akan niat awal kita ngeblog ya, sebagai sarana hobi dan kecintaan kita terhadap dunia kepenulisan. Sehingga kedepannya akan membuat kita terus nyaman ngeblog meskipun sepi tawaran job blogger. Good luck guys!.

2 thoughts on “10 Cara Menghasilkan Uang melalui Ngeblog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.