Reksadana Pasar Uang

Apa Saja Keuntungan Reksadana Pasar Uang Dibanding Deposito?

Tahukah Anda betapa pentingnya pemahaman tentang investasi Reksadana sebagai upaya mempersiapkan masa depan sehat finansial. Ternyata investasi yang satu ini memiliki berbagai jenis portofolio, salah satunya adalah Reksadana Pasar Uang yang sering dikaitkan dengan deposito.

Pengertian Reksadana Pasar Uang sendiri adalah jenis Reksadana yang 100% dananya dialokasikan ke dalam pasar uang seperti Sertifikat Bank Indonesia, obligasi, dan deposito. Sedangkan deposito yaitu fasilitas simpanan bank yang penyetoran dan penarikannya hanya bisa dilakukan dalam waktu tertentu saja.

Antara Reksadana Pasar Uang dengan deposito seringkali membuat investor kebingungan karena keduanya memiliki karakteristiknya masing-masing. Agar memudahkan Anda memiliki investasi pasar uang atau deposito, silakan simak ulasan yang akan kami bahas di bawah ini.  


Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Reksadana Pasar Uang dan Deposito 

Jika dilihat dari bagaimana pengertian antara Reksadana Pasar Uang dan deposito, sudah dipastikan keduanya sangat berbeda dan tentunya akan menghasilkan return yang berbanding terbalik pula. 

Untuk mengetahui bagaimana perbandingan kelebihan dan kekurangan Reksadana Pasar Uang dan deposito, Anda dapat mengetahuinya sebagai berikut.

  1. Risiko

Sebelum membahas lebih jauh tentang keduanya, pastinya risiko menjadi pertimbangan utama sebelum melihat komponen lain. Menariknya adalah baik itu deposito ataupun Reksadana Pasar Uang keduanya memiliki risiko rendah.

Reksadana Pasar Uang menawarkan risiko sangat minim karena seluruh dana ditempatkan pada instrumen pasar uang yang cenderung berfluktuasi rendah. Sedangkan pada deposito, tentu saja aman karena tidak akan terpengaruh oleh pergerakan pasar dan sistem pengelolaannya telah ditentukan bank.

  1. Return

Tingkat imbalan atau return yang akan diterima dari Reksadana Pasar Uang cenderung stabil karena pergerakan nilai instrumen pasar yang tidak terlalu fluktuatif dan umumnya sekitar 3-5% per tahun. Keuntungan ini dinilai lebih besar daripada deposito. Kenapa demikian?

Pasalnya deposito memiliki bunga yang sudah ditetapkan oleh pihak bank, sedangkan banyaknya profit dari Reksadana Pasar Uang tergantung pada jumlah dana yang Anda investasikan.

  1. Keamanan

Saat Anda berinvestasi di Reksadana Pasar Uang, Anda tidak perlu khawatir akan penipuan karena pengelolaan investasi yang satu ini tergolong aman dan sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Sama halnya dengan Reksadana Pasar Uang, deposito juga terjamin keamanannya oleh Lembaga Penjamin Simpanan. Sehingga Anda tidak harus khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Tingkat Likuiditas

Dana investasi Reksadana Pasar Uang lebih mudah dicairkan dalam hitungan hari alias tingkat likuiditasnya tinggi. Hal tersebut disebabkan karena investasi Reksadana Pasar Uang ini dilakukan dalam jangka pendek tidak seperti deposito.

Sesuai dengan pengertiannya, deposito merupakan produk simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam waktu tertentu sehingga tidak bisa dicairkan sesuka hati.

Setelah melihat bagaimana kelebihan dan kekurangan antara Reksadana Pasar Uang dan deposito, apakah Anda sudah bisa menyimpulkan mana yang terbaik? Tentu investasi Reksadana Pasar Uang lebih unggul daripada deposito dari segi risiko, return, keamanan, dan tingkat likuiditasnya.

Tips Berinvestasi Reksadana Pasar Uang

Namun sebelum Anda terjun langsung berinvestasi di Reksadana Pasar Uang, Anda wajib mengetahui bagaimana kiat memulainya seperti yang akan kami bahas selanjutnya di bawah ini.

  • Tentukan tujuan berinvestasi.
  • Pilih platform penyedia Reksadana terbaik.
  • Pilih produk yang sesuai dengan tujuan.
  • Lakukan deposit dana sesuai dengan kemampuan.
  • Tentukan strategi investasi yang tepat.

Dengan melakukan 5 kiat di atas dijamin investasi Reksadana Pasar Uang yang Anda lakukan akan berjalan dengan baik hingga menghasilkan return menguntungkan. Agar semakin memudahkan Anda selama berinvestasi, Anda bisa langsung menggunakan produk Investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS yang sudah terkenal akan kualitasnya. 

Miliki Profit Maksimal dari Reksadana Pasar Uang Bersama digibank by DBS

Reksadana Pasar Uang
https://www.freepik.com/free-photo/young-woman-using-phone-while-attending-online-class_12457512.htm

Seperti yang sudah Anda ketahui dari pengertian Reksadana Pasar Uang, pastinya untuk menghasilkan profit maksimal harus dibarengi dengan produk yang terbaik pula. Inilah kenapa Anda harus menggunakan produk Investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS sebagai jawaban tepat dalam memulai berinvestasi.

Tidak hanya itu saja, Aplikasi digibank by DBS juga menawarkan sejumlah keuntungan lain yang akan memanjakan Anda seperti berikut ini.

  1. Modal Mulai Rp100.000

Berinvestasi bersama Reksadana Aplikasi digibank by DBS menjamin Anda untuk merasakan investasi dengan modal kecil. Hanya dibanderol mulai dari Rp100 ribu saja. 

  1. Pembelian Berkala Fleksibel

Keunggulan lain dari Pembelian Investasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS adalah proses pembelian yang fleksibel. Sehingga Anda tetap bisa berinvestasi secara berkala dimanapun dan kapanpun sesuai dengan nominal dan tenor yang dapat ditentukan sesuai keinginan pribadi.

  1. Dibedakan Menjadi 3 Pilihan 

Untuk mendapatkan produk Reksadana Pasar Uang yang sesuai, digibank by DBS membedakan produk-produknya ke dalam 3 kategori yaitu terpopuler, kinerja terbaik, dan scoring terbaik. Anda dapat dengan mudah memilih pilihan investasi sesuai dengan kategori tersebut.

  1. Produk Lengkap

digibank by DBS menyediakan lebih 50 pilihan produk Reksadana pengguna yang dapat Anda pilih sesuai keinginan asalkan pas dengan profil risiko dan tujuan berinvestasi. Produk-produk tersebut jangan sampai membuat Anda bingung karena semuanya memiliki karakter tersendiri.

  1. Cukup Memiliki Satu Aplikasi Saja

Tidak hanya sampai disini saja, Aplikasi digibank by DBS juga selalu memudahkan penggunanya dengan Aplikasi digibank by DBS yang hadir dilengkapi segudang fitur. Anda bisa daftar SID, jual, beli, hingga switching produk Reksadana dengan mudah.Sekarang saatnya Anda mulai menyiapkan modal untuk Terjun lanjung berinvestasi di reksadana bersama Aplikasi digibank by DBS dengan segudang produk dan kemudahan yang ditawarkan. Jangan sampai Anda menyesal dengan tidak memilih Aplikasi digibank by DBS sebagai produk investasi Reksadana Pasar Uang yang berkualitas.