Wifi Rumah

Tantangan Guru di Era Teknologi Digital

Pada tahun ini Hari Guru diperingati pada tanggal 25 November 2022. Hari Guru menjadi sebuah momentum yang berharga bagi para guru dan tenaga kependidikan se-Indonesia. Namun, seharusnya kita tidak hanya memperingatinya sebagai Hari Guru secara seremonial saja.

Sejatinya kita harus memahami kembali nilai-nilai seorang guru bagi kemajuan bangsa. Kalau kita mengenal saat ini pahlawan tanpa tanda jasa, maka guru lah yang salah satunya pantas menyabet gelar tersebut. Karena melalui didikannya yang mengajarkan kita mulai dari bangku sekolah dasar hingga ke jenjang SMA dan sampai melanjutkan ke perguruan tinggi. Dari setiap langkah kecil yang kita lakukan ada jasa guru-guru kita yang menghantarkan kita sampai jadi apa kita saat ini.

Problematika Pendidikan Zaman Sekarang

Sekarang kita berada di momentum Hari Guru, maka banyak sekali tantangan yang guru harus hadapi dalam mendidik generasi penerus bangsa. Mulai dari perkembangan teknologi digital yang masif hingga banyaknya trend kekinian yang disalahartikan siswa dalam merefleksikan diri mereka di kehidupan sehari-hari.

Perkara ini menciptakan iklim persaingan yang sangat ketat. Di satu sisi yang lain guru harus berhadapan dengan degradasi moral siswa-siswanya. Maka disinilah peran guru wajib beradaptasi dengan perkembangan teknologi, wajib memiliki standar moral tinggi, serta kemampuan untuk mengarahkan dan mendidik siswanya agar tetap menjaga etika, adab serta menjunjung tinggi sopan santun sehingga menjadi siswa yang berkarakter.

Tantangan lainnya yang harus guru alami adalah masih banyaknya guru yang belum bisa hidup secara layak bagi mereka yang berprofesi guru, Tidak jarang kita temukan informasi bahwa mereka harus mencari pekerjaan sampingan atau kerja tambahan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Betapa beratnya tanggung jawab seorang guru, bukan?

Jika kita mencermati ulang kembali, ada banyak problematika pendidikan di tanah air yang patut kita soroti dan menjadi perhatian bersama demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Karena mau tidak mau, kita meyakini bahwa perkembangan intelektual dan etika siswa itu dapat berkembang berdasarkan pengalaman belajar mereka dari pendidikan dasar hingga SMA.

Upaya Pemerintah dalam Memajukan Guru

Semakin berkembangnya zaman, pemerintah juga terus berupaya untuk memenuhi hak-hak guru, dan memudahkan guru untuk dapat mendidik siswa dengan berbagai macam modul dan materi ajar yang telah disediakan dan dapat diakses secara bebas melalui platform digital.

Seperti yang kita tau, saat ini pemerintah memutuskan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar di seluruh sekolah yang ada di Indonesia. kurikulum ini tentunya memberi kebebasan sebebas-bebasnya kepada siswa untuk berpendapat, berdiskusi dan menganalisis suatu fenomena yang terjadi. Para guru juga diberi akses yang luas untuk melihat berbagai macam modul dan perangkat pembelajaran di platform tertentu.

Agar guru dapat mengakses berbagai macam modul dan perangkat pembelajaran tersebut, maka guru pun membutuhkan akses internet yang cepat dalam memenuhi setiap informasi yang dicari di jejaring sosial.

Akses Internet yang Tepat sebagai Penunjang Guru di dalam Mempersiapkan Materi

Maka dari itu sebagai penunjang bagi para guru agar dapat menyiapkan berbagai macam materi dan modul pembelajaran secara lengkap di internet. Maka tentu sangat dibutuhkan akses wifi internet yang cepat dan bisa diakses baik di rumah maupun di sekolah. Sehingga para guru pun bisa menyiapkan materi ajar dengan baik sebelum kegiatan pembelajaran dimulai.

Wifi Rumah

Sepanjang yang saya ketahui, indiHome merupakan penyedia layanan broadband internet (wifi rumah atau perkantoran) dengan jaringan terluas di Indonesia. Pilihan ini dapat mempermudah ruang gerak para guru untuk berkreasi, menciptakan inovasi, serta memberi kelancaran di dalam beraktivitas sehari-hari. Setidaknya ada 3 (tiga) manfaat yang membuat jaringan wifi rumah dan sekolah dibutuhkan oleh para guru.

  • Wifi Rumah Ciptakan Kenyamanan Bekerja Seorang Guru

Dengan memasang jaringan wifi di rumah, para guru tidak perlu lagi pergi ke warnet atau tempat publik yang menyediakan wifi gratis untuk mencari akses informasi terkait modul pembelajaran. Apalagi jaringan kabel optik milik Telkom Grup sangat luas terbentang di Indonesia. Dengan memasang wifi di rumah para guru sudah bisa mengakses semua materi atau modul pembelajaran dalam menyiapkan bahan pembelajaran dengan cepat dan mudah. Jangkauan internet sangat penting, khususnya apabila dinikmati di sebuah ruangan. Layanan ini dapat diakses kapanpun yang diinginkan.

  • Akses informasi yang cepat

Di samping aksesnya yang mudah, para guru juga memerlukan akses informasi yang cepat. Efisiensi ini dapat mempermudah kerja seorang guru sekaligus menambah wawasan mereka dengan fenomena-fenomena terkini. Dengan indiHome ini semua bisa dilakukan secara cepat tanpa lemot, tanpa lelet dan kamu pun bisa menikmati kecepatan dari indiHome ini sebagai Wifi Rumah yang nyaman.

  • Harga yang Terjangkau

Alasan kenapa guru dapat mempercayakan IndiHome sebagai akses Wifi Rumah yang nyaman adalah karena biayanya yang terjangkau, dan pelayanan yang maksimal. Mulai dari pemasangan, hingga pelayanan after sales kepada pelanggan yang cepat dan tepat. Sehingga kita tidak perlu pusing memikirkan akses internet yang lambat.

Refleksi di Hari Guru

Kembali lagi di Hari Guru ini, meskipun masih banyak yang menjadi pekerjaan rumah bersama dalam menumbuhkembangkan sistem pendidikan yang maju di Indonesia ini, adakalanya juga kita patut mengapresiasi bagaimana bentuk atensi pemerintah dalam memperhatikan pendidikan di Indonesia. Memang bukan waktu yang sebentar untuk memperbaikinya, dan perlu waktu yang lama agar mendapatkan prototype yang benar-benar sesuai dengan karakter bangsa Indonesia. 

Maka dari itu sudah seyogyagnya di era digital ini, guru juga harus mampu tampil modern dengan kemampuan mereka memanfaatkan era digitalisasi sebagai sumber dan media belajar yang menarik, adanya indiHome bisa menjadi solusi bagi para guru agar dapat mengakses informasi tersebut dengan cepat dan bisa menjadi pilihan utama sebagai Wifi Rumah