Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir dan Pencegahan Ruam Popok saat Liburan bersama Si Kecil

Menjadi seorang ayah ataupun Ibu, memiliki bayi yang baru lahir pasti menjadi dambaan setiap orang. Namun, Ibu perlu mempelajari beberapa hal penting dalam merawat dan memerhatikan tumbuh kembang bayi new born ini. Perawatan bayi yang baru lahir memang membutuhkan kesabaran yang ekstra mulai dari cara menggendongnya, memberikan ASI yang sehat pada bayi sampai pemilihan popok yang baik agar tidak menyebabkan ruam popok pada bayi yang baru lahir. Berikut ini beberapa tips yang perlu orang tua perhatikan dalam merawat bayi yang baru lahir (new born).

1. Cara Menggendong Bayi

Perlu diketahui bagi bayi yang baru lahir atau berusia di bawah satu bulan memilki tubuh yang sangat lunak. Maka dari itu perlu diperhatikan bagaimana cara menggendong bayi yang tepat.

  • Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengangkat bayi setinggi bahu, kemudian arahkan kepalanya ke arah bahumu sehingga memiliki pandangan ke belakang kepalamu.
  • Kemudian salah satu tangan memegang bagian antara kepala dan leher menghindari atau mencegah jika sewaktu-waktu bayi tersebut mendongakkan kepalanya.
  • Letakkan tangan yang lain di bagian bawah tubuh bayi untuk menopangnya.
Bayi Baru Lahir

2. Menyusui Bayi New Born

Ketika bayi lahir maka proses inisiasi menyusui bayi merupakan suatu hal yang perlu dilakukan. Inisiasi menyusu ini maksudnya adalah ketika bayi baru lahir tidak boleh dipisahkan dengan ibunya. Bayi tersebut diletakkan di dada ibunya, sehingga bayi dapat membiasakan diri untuk menyusu kepada ibunya.  Hal penting lainnya adalah seberapa seringkah harus menyusui bayi yang beru lahir, hal ini biasanya dapat dilakukan 8 sampai 12 kali sehari atau 1 sampai 3 jam sehari.

3. Merawat Tali Pusar Bayi

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah merawat tali pusar bayi. Ketika bayi baru lahir, tali pusar akan tetap menempel pada bayi dan akan terlepas dalam kurun waktu 1 sampai 2 minggu. Maka hindarilah membersihkan area sekitar tali pusar dengan alkohol, cukup bersihkan dengan air hangat dan hindari tali pusar bayi basah agar tidak terjadi infeksi.

4. Menjemur Bayi yang Baru Lahir

Menjemur bayi yang baru lahir adalah salah satu hal yang penting untuk dilakuan. Dengan menjemur bayi di bawah sinar matahari baik dilakukan karena sinar matahari yang mengandung Vitamin D dan Kandungan Spektrum Sinar biru yang membantu pertumbuhan bayi yang masih lemah. Proses ini dapat dilakukan sebelum jam 9 pagi ya.

5. Mengganti Popok secara Rutin

Hal yang penting juga dalam merawat bayi yang baru lahir adalah menjaga kebersihan organ intimnya. Orang tua rutin mengganti popok bayi ketika sudah basah. Kemudian pemilihan popok yang tepat merupakan solusi terbaik bagi orang tua agar bayi tetap sehat dan terhindar dari ruam popok akibat salah dalam memilih popok bagi bayi yang baru lahir.

Hal ini sering dialami oleh orang tua yang salah dalam memilih popok yang baik. Popok yang tebal dan berat justru membuat bayi tidak nyaman dan susah bergerak. Di samping itu juga, popok yang mengalami kebocoran da lembab akan mengakibatkan ruam popok pada bayi. Maka pilihlah popok yang tipis dan ringan sehingga bayi mudah bergerak dengan nyaman. Kemudian pilihlah popok yang anti bocor sehingga cairan tetap terjaga dan terserap dengan baik.

Solusi Diapers Terbaik bagi Bayi yang Baru Lahir

Sebagai orang tua, tentu akan memberikan perawatan yang terbaik bagi anaknya apalagi bagi bayi yang baru lahir (new born). Pemilihan diapers yang tepat membantu orang tua dalam memilih diapers dengan kualitas terbaik dan menghindari drama ruam popok pada bayi yang baru lahir. Saat ini banyak menjamur produk diapers yang bisa orang tua pilih, namun masalah yang terjadi saat memilih diapers yang kurang tepat adalah terjadinya ruam popok pada bayi apalagi saat liburan. Maka dari itu, para orang tua harus memilih diapers yang mampu mencegah permasalahan tersebut ya.

“Pendapat penulis terhadap pemilihan diapers yang tepat bagi bayi yang baru lahir adalah memilih diapers yang sudah menggunakan SAP yaitu polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan menyerap air hingga maksimal. Kemudian pilih diapers dengan perekat kualitas yang baik dan mampu menyesuaikan agar tidak terkena tali pusar bayi”

MAKUKU SAP Diapers Slim

MAKUKU SAP Diapers Slim, Rekomendasi Diapers Terbaik bagi Bayi yang Baru Lahir (New Born)

MAKUKU SAP Diapers Slim merupakan salah satu produk dari Popok MAKUKU yang telah terbukti sebagai popok yang tertipis dibandingkan dengan popok lainnya dan terbukti memilki daya penyerapan SAP yang telah teruji secara klinis. Berdiri sejak 2020, MAKUKU mengukuhkan diri sebagai perusahan yang menyediakan kebutuhan Ibu dan Anak dengan kualitas terbaik bagi si  kecil.

Pada umumnya popok bayi terdapat beberapa komponen dasar didalamnya, yaitu berdasarkan SAP dan PULP. Jika kita bandingkan keduanya maka akan mendapatkan hasil sebagai berikut.

PULP

PULP merupakan popok bayi yang menggunakan pemisahan serat yang terdapat pada kayu yang biasanya digunakan dalam pembuatan kertas.

Maka hasil yang akan dirasakan bayi ketika menggunakan diapers berbahan PULP adalah sebagai berikut

  • Pencampuran PULP dan SAP
  • Gampang menggumpal
  • Tebal dan Berat
  • Peyerapan tidak merata
  • Ada osmosis balik

Dengan bahan dan inti struktur yang demikian tentu membuat bayi tidak nyaman, dan penggunaan popok menjadi tidak maksimal.

SAP (Super Absorbent Polymer)

Sedangkan SAP merupakan polymer hidrophilik yang memiliki kemampuan dapat menyerap cairan secara maksimal dan merata bagi si kecil.

Maka hasil yang dirasakan bagi si kecil dengan menggunakan diapers SAP adalah sebagai berikut

  • Dengan SAP penyerapan cairan dapat dilakukan secara maksimal
  • Anti Menggumpal
  • Ringan dan Tipis
  • Penyerapan Merata
  • Tidak ada osmosis

Dengan inti struktur SAP tersebut tentunya akan memberikan kenyamanan dan perawatan terbaik pada bayi sehingga nantinya penggunaan popok dapat diterapkan secara maksimal untuk bayi yang baru lahir.

Hindari Ruam Popok saat Liburan Bersama Si Kecil dengan MAKUKU SAP Diapers Slim

ruam popok

Tidak terasa kini kita sudah berada di penghujung tahun 2022. Banyak keluarga yang sudah merencanakan liburan mereka bersama keluarga tercinta. Namun, ada beberapa hal yang sering menjadi kekhawatiran bagi keluarga yang memiliki bayi ketika merencanakan untuk liburan.

“Ketika mengajak bayi untuk bepergian atau liburan, tentu harus memilih kualitas diapers yang paling baik. Hal yang paling sering terjadi adalah bayi merasa tidak nyaman dengan popok yang digunakan akibat ukuran yang besar dan berat. Di samping itu membuat bayi kesulitan untuk bergerak sehingga rawan terjadinya kebocoran dan mengakibatkan ruam popok pada bayi”.

Mengapa Ruam Popok dapat Terjadi?

Ruam popok terjadi akibat peradangan yang ada pada kulit bayi akibat kondisi lembab popok yang menutup kulit bayi. Sebagai akibat kurangnya sirkulasi udara dan kondisi lembap tersebut, kulit bayi mengalami ruam karena paparan urine dan feses pada kulit.

Permasalahan ini sering dialami bagi keluarga yang sedang liburan dengan si kecil. Maka MAKUKU SAP Diapers Slim lah satu-satunya produk terbaik yang dapat mencegah terjadinya permasalahan tersebut. Dengan diapers yang tipis dan ringan membuat bayi menjadi lebih nyaman dalam bergerak. Meskipun tipis, dengan SAP membuat penyerapan cairan secara maksimal dan merata.

ruam popok

Keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim

1. Anti Gumpal, Nyaman dan Tidak Bocor

Popok yang menggumpal biasanya terjadi pada popok yang penyerapannya terpusat pada satu titik saja. Hal ini menyebabkan penyerapan air tidak merata dan membuat tidak nyaman pada bayi yang baru lahir. Dengan popok yang telah menerapkan SAP, penyerapan air menjadi merata dan membuat bayi nyaman. MAKUKU SAP Diapers Slim mampu menjaga kondisi diapers tetap kering dan mencegah terjadinya ruam merah pada bayi.

2. Mengunci Cairan dengan Baik

Permasalahan yang sering terjadi ketika salah memilih popok yang cocok adalah pemilihan popok yang mudah mengalami kebocoran. Hal ini membuat para orang tua harus benar-benar berhati-hati dalam memilih popok yang tepat.  Dengan MAKUKU SAP Diapers Slim ini mampu mengunci cairan agar tidak mudah bocor dan menjaga permukaan popok tetap kering.

3. Lebih Nyaman dengan Diapers Ringan dan Tipis 1.6mm

Popok yang tebal dan besar belum tentu memiliki penyerapan yang baik dan besar juga. Hal ini justru cenderung membuat bayi menjadi tidak nyaman karena ukuran popok yang besar dan berat sehingga membuat tidak nyaman bergerak bayi. Maka MAKUKU SAP Diapers Slim ini sudah memiliki inti struktur SAP sehingga popok yang dihasilkan menjadi ringan dan tipis hingga 1.6mm sehingga membuat nyaman bayi tentunya dengan penyerapan yang maksimal.

4. Terdapat Struktur 3D, Menghindari Kontak Langsung dengan Kulit

MAKUKU SAP Diapers Slim ini telah didesain dengan struktur 3D sehingga mengurangi kontak langsung dengan kulit, adanya sirkulasi udara yang mampu menguragi kelembapan dan penyerapan yang lebih cepat.

5. Permukaan Rongga Udara, Sirkulasi Dua Arah

MAKUKU SAP Diapers juga telah dibuat sedemikian rupa yaitu adanya permukaan rongga udara yang dibuat sirkulasi dua arah yaitu ketika urin sudah membasahi diapers udara juga akan keluar dan mencegah urin keluar kemudian udara segar juga akan masuk ke dalam popok agar trjadinya sirkulasi.

6. Indikator Urin

Keunggulan lainnya dari MAKUKU SAP Diapers Slim adalah adanya indicator urin. Indikator ini berfungsi sebagai pengingat jika popok sudah penuh.  Tanda untuk mengetahui popok sudah penuh yaitu dengan melihat garis kuning yang berubah menjadi biru. Hal ini juga membantu orang tua sebagai pengingat waktunya mengganti popok bayi dan menghindari terjadinya ruam popok pada bayi.

7. Heat-Press Side

Adanya Head-Press Side ini mampu menyambungkan kedua sisi tepi dengan menggunakan alat ultrasonic atau termokompresi. Hal ini membuat popok menjadi lembut, mengurangi gesekan di pinggang, lebih mudah dirobek, karet yang elastis dan penggunaan lem yang sedikit sehingga mengurangi terjadinya iritasi.

8. Anti Bocor Samping

Adanya sisi inti yang tidak melekat sepenuhnya pada lapisan bawah dan terdapat pada lapisan samping dan tengah-tengah pada lapisan bawah. Hal ini berfungsi dapat mengurangi kebocoran dari samping, dan mengurangi semua masalah kebocoran yang berasal dari samping. Di tambah dengan tepi yag membulat membuat bayi menjadi lebih nyaman.

9.  Desain Berbentuk U Shape Melindungi Tali Pusar Bayi bagi Produk Bertipe NB

MAKUKU SAP Diapers Slim dengan tipe NB memiliki desain yang berbeda dibandingkan dengan produk diapers lainnya yaitu adanya Desain U Shape. Hal ini berfungsi untuk melindungi tali pusar bayi yang baru lahir dan menghindari terjadinya gesekan diapers dengan tali pusar tersebut.

Tipe dan Ukuran MAKUKU SAP Diapers Slim

Tipe Perekat

  • NB

Jenis ini diperuntukan bagi bayi yang memiliki berat 0-5 Kg dengan usia 0-1 bulan. Pemakaian pagi dapat sebanyak 7-8 kali dan malam 2-3 kali.

  • S

Tipe ini diperuntukan bagi bayi yang memiliki berat 4-8 Kg dengan usia 1-3 bulan. Pemakaian pagi dapat sebanyak 7-8 kali dan malam 2-3 kali.

  • M

Tipe ini diperuntukan bagi bayi yang memiliki berat 6-11 Kg dengan usia 4-6 bulan. Pemakaian pagi dapat sebanyak 5-6 kali dan malam 2-3 kali.

Tipe Celana

  • M

Tipe ini diperuntukan bagi bayi yang memiliki berat 6-11 Kg dengan usia 4-6 bulan. Pemakaian pagi dapat sebanyak 5-6 kali dan malam 2-3 kali.

  • L

Tipe ini diperuntukan bagi bayi yang memiliki berat 9-14 Kg dengan usia 7-12 bulan. Pemakaian pagi dapat sebanyak 4-5  kali dan malam 1-2 kali.

  • XL

Tipe ini diperuntukan bagi bayi yang memiliki berat 12-17 Kg dengan usia 12-15 bulan. Pemakaian pagi dapat sebanyak 2-3 kali dan malam 1-2 kali.

  • XXL

Tipe ini diperuntukan bagi bayi yang memiliki berat 15-25 Kg dengan usia >15 bulan. Pemakaian pagi dapat sebanyak 1-3 kali dan malam 1 kali.

Cara Memakai MAKUKU SAP Diapers Slim

1. Siapkan popok yang baru, sebelum mengenakan pastikan tangan sudah dalam keadaan bersih

2. Pakaikan popok pada bayi

3. Tarik popok bayi hingga ke perut bayi

4. Rapikan bagian samping agar tidak bocor

Cara Melepaskan MAKUKU SAP Diapers Slim

1. Setelah popok terpakai,  buka bagian perekat pada popok

2. Buanglah kotoran bayi terlebih dahulu ke dalam toilet

3. Gulung popok dengan bagian kotor di dalam

4. Bungkus popok dengan bagian perekat di samping

5. Buang popok ke dalam tempat sampah

Pembelian Produk MAKUKU SAP Diapers Slim

Kamu dapat membeli produk MAKUKU SAP Diapers Slim secara online maupun offline

Online

Untuk pembelian secara online kamu dapat membelinya melalui market place atau e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, JD.ID dan lain-lain. Kamu juga dapat membelinya melalui akun official sosial media MAKUKU melalui Tiktok Shop, Facebook, Instagram dan lain-lain.

Offline

Untuk pembelian secara offline juga sudah mudah ditemui di berbagai supermarket di Indonesia mulai dari Transmart, Hypermart, Superindo, dan toko-toko bayi lainnya yang menyediakan kebutuhan ibu dan bayi.

MAKUKU SAP Diapers Slim, Pilihan Diapers Terbaik bagi si Kecil

Dalam merawat si kecil kita pasti ingin memberikan perawatan yang terbaik untuk tumbuh kembang si kecil. Maka dari itu jangan sampai salah pilih diapers agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan kepada bayi. Maka pilih lah MAKUKU SAP Diapers Slim pencetus popok nomor satu di Indonesia dan sebagai pelopor penggunaan popok dengan SAP sehingga popok menjadi lebih tipis, ringan dan nyaman namun dapat menyerap lebih banyak dan merata pada popok bayi.

19 thoughts on “Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir dan Pencegahan Ruam Popok saat Liburan bersama Si Kecil

  1. popok Makuku tipis banget. Bakal nyaman deh bayi pakai pospak seperti Makuku. Daya serapnya OK, enggak gembung, jadi bisa tidur nyenyak.
    btw, cara menggendong yang seperti berdiri di foto itu aku belum berani. Biasanya ya gendong horizontal aja.

    1. Pasti bakalan ngebantu banget tuh, karena masalah ruam popok ini beneran bisa ganggu aktivitas, terutama kalau mau traveling. Sering banget nemuin bayi yang rewel karena ruam

  2. Kashan banget kalau dedek bayi kena ruam popok, apalagi waktu raveling, wah bisa rewel gak berhenti2 akhirnya bubar deh hepi2nya.
    Makanya kalau bepergian selalu sedia popok yang berkualitas, yang paling penting emang daya serapnya bagus dan nyaman dipakai oleh bayi ya, sehingga kulit bayi gak gampang iritasi apalagi sampai jd ruam popok.

  3. Anakku kebetulan baru pakai makuku, memang harga GK membohongi kwalitas popok itu sendiri. Cairan pipis kelinci di dlm gel sehingga klo pun ak lupa ganti popok di tengah malam ia tetep nyaman Bobonya

  4. Senengnya baca soal dunia bayi lagi. Udah lama gak punya bayi hihi… Sekarang merk diapers juga makin beragam ya. Aku baru ngeh ada merek Makuku ini. Kalau dari packagingnya aku suka banget, clean gitu. Dan ternyata kualitasnya juga bagus ya bisa cegah ruam popok bayi. Cocok juga buat dibawa traveling ya…

  5. Menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim ini bisa mencegah ruam popok karena kecanggihan dari inovasinya ya..
    Aku salut banget ada popok sekeren ini. Karena kemampuannya semoga bisa bikin anak nyaman bermain dan mengeksplorasi dunianya.

  6. dulu pas punya baby memang sering banget ngalamin ruam popok. duh bikin gelisah kalau baby rewel akibat ruam popok ini. alhamdulillah ya makin kesini inovasi diapers makin hebat

  7. dulu, pas punya baby duh sering banget kena ruam popok. baby jadi rewel, ibu jadi ikutan gelisah. alhamdulillah ya makin kesini jadi makin canggih inivasi diapers untuk mencegah ruam popok. para ibu jadi lebih tenang deh hehehe

  8. kalau anak kena ruam popok itu memang bikin kita sedih ya. akupun pernah anakku kena ruam popok pas umurnya setahun dan harus coba berbagai produk dulu baru hilang ruam popoknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *