Menjelajahi Keindahan Alam Air Terjun Tegenungan Gianyar

Wisata di Bali tidak hanya soal pantainya saja yang indah, kamu juga bisa mengunjungi wisata alam lainnya seperti air terjun. Berbicara tentang air terjun, mungkin akan lebih terkenal dengan air terjun yang ada di wilayah Bali utara seperti Air Terjun Sekumpul, Gitgit dan lain-lain. Namun, jika kamu sedang berada di Gianyar, terdapat juga air terjun yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu air Terjun Tegenungan. Air Terjun ini memiliki daya tarik tersendiri seperti pemandangan alamnya yang indah, spot foto yang menarik dan aneka souvenir yang dijual sepanjang jalan menuju Air terjun ini. Untuk informasi lebih lanjut bisa menyimak ulasan berikut ini ya.

Akses dan Lokasi Menuju Air Terjun Tegenungan

Alamat atau Lokasi dari air terjun Tegenungan ini berada di Desa Kemenuh yang merupakan wilayah Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Karena nama desanya juga air terjun ini juga disebut sebagai Air Terjun Kemenuh. Bagi kamu yang berangkat dari Kota Denpasar, kamu akan menghabiskan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke tempat ini. Aksesnya pun sangat mudah dilalui oleh kendaraan bermotor dan mobil. Untuk akses lokasi lebih lanjut kamu dapat melihat melalui Google Maps ya.

Sumber: detik travel

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tegenungan

Untuk wisatawan lokal kamu akan dikenakan tiket masuk yaitu Rp20.000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir seperti motor dengan harga Rp2000 dan mobil Rp5000. Dengan membayar dengan sejumlah tersebut kamu pun bisa memasuki destinasi wisata Air Terjun tegenungan ini.

Air Terjun Tegenungan ini buka mulai jam 06.30 WITA dan tutup pada jam 18.00 WITA. Waktu terbaik untuk berkunjung ke air terjun ini bisa di pagi hari atau sore hari ya. Hal ini untuk menghindari cuacan panas di siang hari.

Daya Tarik Air Terjun Tegenungan Gianyar

Air terjun ini memiliki daya tarik pemandangan alamnya yang indah. Ketika memasuki area menuju air terjun ini kamu harus menuruni beberapa anak tangga sampai ke dasar air terjun. di sepanjang jalan juga akan disajikan aliran sungai yang jernih dan indah. Air terjun ini cocok bagi kamu yang ingin menghilangkan penat dengan berwisata ke alam.

Sumber: AyoBali

Berendam di Aliran Sungai

Air yang jernih dan sejuk, maka tak banyak wisatawan yang  memanfaatkan waktu mereka untuk berendam di air terjun ini. Kedalaman airnya yang rendah juga tidak terlalu bahaya untuk wisatawan pada umumnya.

Spot Foto yang Menarik

Tidak hanya berendam, kamu juga bisa mengabadikan foto-foto yang menarik di sini. Tidak hanya berfoto dengan pemandangan alam, terdapat beberapa jenis figura lainnya yang dapat kamu jadikan bahan untuk berswafoto.

Bonus foto penulis nih, hehe

Toko oleh-oleh dan Souvenir

Bagi kamu yang ingin menyempatkan untuk membeli oleh-oleh, di pintu masuk ke wisata ini terdapat toko-toko yang menjual souvenir dan oleh-oleh mulai dari makanan khas hingga ke barang-barang khas Bali.

Kulineran di Air Terjun Tegenungan

Sudah lelah berwisata, kamu juga bisa mencicipi menu makanan yang ada di restoran sekitar air terjun ini. terdapat restoran khas bali ataupun makanan lokal yang ada di sekitar air terjun Tegenungan ini.

Liburan ke air terjun ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang direkomendasikan. Bagi kamu yang berencana untuk berwisata ke Bali.  Jangan lupa juga untuk berwisata ke air terjun ini ya. Karena tidak hanya pemandangan air terjunnya yang indah, kamu juga bisa berfoto cantik dengan berbagai macam spot foto lainnya.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

16 thoughts on “Menjelajahi Keindahan Alam Air Terjun Tegenungan Gianyar”

  1. Iya nih, biasanya kalo liburan ke Bali orang2 pasti milihnya jalan2 ke pantai padahal di Bali banyak juga ya alternatif tempat wisata menarik lainnya kayak wisata air terjun.

  2. Saya belum pernah ke Bali dan kalau bahas tentang Bali taunya masih seputaran pantai aja hehe, Air Terjun Tegenungan Gianyar bisa dijadiin inceran nih kalau liburan ke Bali suatu saat.

  3. Nggak nyangka Bali punya wisata air terjun secantik itu. Selama ini yang terkenal kan pantai-pantainya ya, hehe. Aku belum pernah ke Bali, semoga suatu saat bisa ke sana.

    Btw, aku salfok nih sama gazebo2 yang ada di bawah air terjun. Itu tempat makan ya kayaknya? Terus kayak ada kolam renangnya juga di dekat gazebonya. Ada wahana lain kah di air terjun ini?

  4. apa benar itu ada kolam renang buatan di dekat air terjun?
    jadi bisa pilih mau main air di air terjun dan sungai atau berenang di kolam renang?
    wisata air terjun ini udah terkelola baik yah.

  5. Saat libur lebaran seperti akhir bulan lalu dan awal bulan ini cukup lama, cocok memang dijadikan untuk mengunjungi lokasi wisata ya. Apalagi bareng keluarga. Seru pastinya.
    Melihat lokasi wisata ini sudah apik dikelola, pasti pengunjung bakalan betah

  6. Ciamik nih kak rekomennya buat jadi destinasi kalau ke Bali. Karena air terjunnya juga bisa jadi healing banget ya kak, dengan pemandangannya yang indah

  7. Beberapa bulan lalu ke Bali sempat masukin air terjun Tegenungan ini dalam list yang harus didatangi. Sayangnya ternyata waktunya mepet karena mendadak ada rapat (liburan nyambi kerja) jadinya beberapa destinasi harus dicoret termasuk air terjun Tegenungan ini.

    Mudah-mudahan lain waktu main ke Bali bisa menyambangi air terjun ini. Penasaran banget pengen berendam di bawah air terjunnya euy.

  8. Air terjun Tegenungan ini udah dikelola dengan baik, terlihat dari tempatnya yang bersih, menarik, bisa memilih spot berenang atau main air. Aku masukin wish list kalo nantinya ke Bali lagi, sebelumnya nggak pernah tahu tempat cantik ini meski udah 3 kali ke Bali

  9. Pernah ke Bali tapi belum pernah wisata ke air terjunnya, nih. Bisa jadi wishlist kalau kapan nanti aku ke Bali bareng keluarga, wisata air terjun mesti dimasukin list.. 🙂

    Yang di dekat air terjun itu ada penginapan sama kolam renang ya kak? Bagus banget view-nya langsung ke air terjun..

  10. Waduh, saya yang lumayan 2 tahun tinggal di Bali bleom pernah nih ke air terjun ini, paling taunya ke Gitgit aja.

  11. Selama ini Bali terkenal dengan pantainya yang cantik-cantik, ternyata juga ada air terjun yang memesona. Bisa jadi wishlist destinasi wisata saat ke Bali nanti..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version