Keindahan Waduk Muara Nusa Dua Bali, Lokasi Kegiatan KTT G20 Bali

Pada bulan November tahun lalu, Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 presiden atau perwakilannya di dunia. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah kawasan konservasi hutan Mangrove di Bali. Pelestarian hutan menjadi salah satu komitmen Indonesia dalam mencegah terjadinya dampak perubahan iklim dunia. Waduk Muara Nusa Dua ini memiliki daya tarik tersendiri. Maka pada postingan kali ini saya ingin mengulas sisi keindahan dari destinasi tersebut.

Sumber: InfoPublik

Lokasi Waduk Muara Nusa Dua

Tempat ini terletak di Jalan Bypass, Desa Pemogan, Denpasar Selatan. Lokasinya pun sangat mudah untuk dicari kamu tinggal menyusuri jalan Bypass, nanti akan ada monumen terkenal G20. Maka kamu masuk ke jalan tersebut, ikuti terus hingga sampailah di waduk. Untuk informasi lebih lanjut kamu dapat melihat akses rute lokasi melalui Google Maps ya.

Informasi Tiket Masuk

Untuk tiket masuk sendiri dapat dikatakan gratis untuk sampai saat ini, karena ketika memasuki area Waduk Muara ini. Masih dalam tahap tidak menerima kunjungan. Namun, ada beberapa yang menggunakan tempat ini sebagai tempat memancing dari warga lokal.

Fakta Menarik Tentang Waduk Muara Nusa Dua

1. Konservasi Hutan Mangrove

Sesuai namanya Waduk Muara ini merupakan salah satu tempat Konservasi dari Hutan Mangrove. jadi, ketika kamu memasuki area waduk ini, akan ada banyak tanaman mangrove di sekitar jalan. Kamu juga dapat melakukan wisata edukasi untuk mengenal dampak positif dan kegunaan dari hutan mangrove ini bagi perbaikan dari perubahan iklim dunia.

Sumber: Detik.com

2. Monumen KTT G20

Monumen G20 ini menjadi bukti sukses terlaksananya kegiatan KTT G20 di Bali. Lokasinya berada di jalan masuk sebelum memasuki area Waduk Muara Nusa Dua. Monumen ini secara umum memiliki makna filosofis yaitu tentang slogan dari G20 yaitu Recover Together, Recover Stronger.

3. Terdapat Pura dan Klenteng

Jika kamu memasuki sampai ke area waduk ini, kamu akan menemui dua tempat ibadah yaitu  Klenteng Ling Sii Miao (Griya Kongco Dwipayana) Jl. By Pass Ngurah Rai, Belakang BPPT (Samping Waduk Muara Nusa Dua), Tanah Kilap, Denpasar. Kemudian terdapat pura di sekitar waduk tersebut  yaitu Pura Luhur Candi Narmada Tanah Kilap. Pura ini dijadikan tempat beribadah di waduk tersebut.

4. Keindahan Waduk Muara Nusa Dua

Waduk Muara Nusa Dua ini memiliki keindahan waduk yang luas dan jernih. Kemudian waduk ini juga dikelilingi oleh tanaman mangrove di sekelilingnya. Terdapat juga panel surya yang menjadi salah satu program dari KTT G20. Sesekali kamu juga dapat melihat pesawat yang melintas karena jaraknya yang dekat dengan bandara ngurah rai.

http://sda.pu.go.id/balai/bwsbalipenida/galeri/foto/thumb-img-1ad2cf4306b529a3aa537707e349fe92.webp

5. Tempat Piknik dan Memancing

Di seberang dari Waduk Muara ini terdapat akses yang dapat dilalui oleh pengunjung secara gratis. Maka pada sore hari tempat ini pun ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang sedang piknik ataupun memancing. Suasananya yang sejuk dan pemandangannya yang indah membuatmu betah berada di sekitar waduk Muara Nusa Dua ini.

6. Letaknya yang Berada di Kawasan Kota

Kawasan Konservasi Hutan Mangrove ini terletak di pertengahan kota, di sebalah muara ini terdapat gedung-gedung komersial seperti hotel, kemudian Mal Bali Galeria, dan gedung-gedung lainnya. Maka dari itu, hutan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin healing ke alam. Bendungan ini juga menjadi salah satu sumber aliran dari sungai Taman Pancing.

Demikian ulasan saya mengenai Waduk Muara Nusa Dua ini, bagi kamu yang penasaran dengan salah satu dari lokasi pelaksanaan dari perhelatan G20 ini. Kamu bisa langsung saja datang ke waduk tersebut. Letaknya yang strategis menjadi sangat mudah dikunjungi oleh pengunjung lokal.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

16 thoughts on “Keindahan Waduk Muara Nusa Dua Bali, Lokasi Kegiatan KTT G20 Bali”

  1. Cakep juga ya Waduk Muara Nusa Dua ini. Pantesan dipilih jadi lokasi buat penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Kayanya kudu masukin list buat ke sana deh kalau berkesempatan ke Pulau Dewata lagi

  2. Wah satu lagi wisata Bali yang baru saya tau dan bisa dijadiin referensi kalau ada kesempatan wisata ke sana. Bagus juga ya waduk muara ini buat tujuan wisata, semoga aja kedepannnya bisa ditambah fasilitas yang bagus buat wisatawan, dan tetap bersih lingkungannya.

  3. Semoga waduk ini bisa dikembangkan lebih baik lagi ya jadi destinasi wisata alternatif di Bali. Biar gak pantai2 melulu. Aku yakin, banyak potensi wisata lainnya di Bali yang kalau dikelola dengan serius pasti nggak kalah dengan pantainya. Salah satunya waduk ini..

  4. Lokasi KTT G 20, menarik sekali. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi. Menunjukkan juga tentang alam yang terjaga. Pasti semua bangga melihat itu.

  5. Lokasinya yg strategis pasti bakalan banyak diminati pengunjung. Dekat dengan perkotaan, masyarakat yg membutuhkan udara bersih, pasti sering main ke danau dan hutan mangrove ini dong

  6. Bisa jadi destinasi yang menyenangkan nih kalau ke Bali. Apalagi lokasinya strategis dan ada Monumen G20 nih yang memikat

  7. Saya pernah sekali ke hutan mangrove dan memang terasa adem sekali di tempat seperti ini. Kembali ke alam memang memberikan penyegaran luar biasa bagi tubuh. Semoga bumi yang semakin panas ini bisa segera kembali ‘sehat’ dengan adanya kepedulian warga bumi bersama.

  8. Bagus banget ya ^^
    Semoga makin banyak wisatawan yang datang apalagi banyak pilihan wisata di sekitar Waduk Muara seperti Hutan Mangrove-nya itu..

  9. Seru juga nih berkunjung ke Waduk Muara Nusa Dua, bisa ngajak keluarga piknik dan mancing bareng ya. Selain piknik dan mancing, apakah tersedia fasilitas lainnya atau aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung?

  10. Waduk itu bisa jadi tempat wisata yang menarik ya. Seperti di kotaku, Pati juga waduk jadi tempat wisata alam.
    Btw, saya beberapa kali ke Bali kok baru tahu ya kalau di Nusa Dua ada waduk. Kayaknya ini bakal masuk list tempat yang harus didatangi kalau lain waktu ke Bali lagi deh.

  11. Kerennya..
    Sesungguhnya di dalam bayanganku, yang namanya waduk itu di tempat terpencil dan gak bisa dijadikan tempat wisata. Tapi di Waduk Muara Nusa Dua, malah di tengah kota dan indah sekali. Ini bisa menjadi tempat wisata edukatif ya.. Anak-anak SD tuh suka bingung manfaat waduk. Kalau bisa melihat langsung seperti ini, semakin paham.

  12. Menarik juga nih ke Bali termasuk buat wisata waduk.. Waduk juga bisa jadi tempat rekreasi ya. Bisa jadi tempat wdukasi juga buat anak-anak terutama soal konservasi hutan mangrove yang ada di sekitar Waduk Muara ini.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version