Tukar Botol Plastik Jadi Cuan dengan PlasticPay

Di rumah saya terbiasa menyimpan botol plastic yang sudah tidak terpakai, semakin hari botol-botol tersebut menumpuk dan memenuhi bagian sudut rumah. Rencananya akan saya jual ke rongsokan namun malas membawanya. Setelah menyusuri dunia maya, ternyata ada juga platform digital yang menerima pengumpulan botol plastic bekas dan menukarkannya dengan koin yaitu Plasticpay. Aplikasi ini cocok kamu gunakan sebagai bentuk peduli lingkungan.

Jika di rumahmu terdapat banyak botol plastik yang tidak terpakai, maka jangan cepat-cepat untuk dibuang ya. Botol bekas yang tidak terpakai itu bisa ditukarkan mendapat hingga mendapatkan cuan dari plasticpay tersebut. Lalu bagaimana caranya menukarkan botol biar bisa cuan? Simak ulasan saya berikut ini.

Apliaksi PlasticPay

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Aplikasi PlasticPay adalah platform digital yang bergerak di bidang lingkungan. Kamu bisa menukarkankan botol bekasmu menjadi poin dan bisa ditukarkan dengan cuan. Botol-botol plastic yang sudah dikumpulkan nantinya akan di daur ulang menjadi barang-barang layak pakai seperti bantal, karpet dan lain-lain.

PlasticPay bekerjasama dengan BSI dan aplikasi finansial lainnya yaitu sebuah aplikasi yang sudah terhubung terhadap sejumlah mesin yang menjadi tempat penukaran botol pelastik bekas di seluruh Indonesia. Kamu akan melihat seluruh perolehan botol yang telah kamu tukarkan di aplikasi ini. Kamu juga akan melihat berapa poin yang kamu punya berdasarkan botol yang kamu kumpulkan. Kumpulkanlah poin sebanyak-banyaknya, kamu bisa menukarkan poin tersebut menjadi cuan melalui aplikasi tersebut. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal mencari mesin yang terdapat di daerahmu kemudian kamu tinggal masukan botol yang ada ke dalam mesin tersebut.

Cara Penggunaan Aplikasi

  1. Silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di play store
  2. Buka aplikasi dan buat akun terlebih dahulu
  3. Jangan lupa masukan data diri yang benar dan informasi nomor rekening yang digunakan
  4. Selamat akunmu sudah siap digunakan untuk menukarkan botol pelastik bekas

Cara Menukarkan Botol di Mesin PlasticPay

  1. Buka aplikasimu, tentukan lokasimu saat ini
  2. Silakan cari titik mesin plastic pay terdekat yang ada di sekitar daerahmu
  3. Jikas sudah, silakan siapkan botol plastik yang akan kamu tukarkan
  4. Kamu bisa langsung menuju ke mesin terdekat
  5. Pada mesin tersebut kamu tinggal menekan tombol mulai, untuk memulai penukaran plastik
  6. Masukan botol satu per satu ke dalam lubang yang ada pada mesin tersebut
  7. Transaksi penukaran botol dinyatakan berhasil jika mesin tersebut berbunyi nada tertentu dan ada lampu yang berubah warna hijau.
  8. Lakukan penukaran botol sampai selesai
  9. Jika sudah tekan tombol selesai, lalu akan ada kode barcode pada layar  mesin tersebut
  10. Silakan buka aplikasimu lalu scan barcode yang ada pada mesin tersebut
  11. Selamat koin dari penukaran botol pun sudah masuk ke aplikasimu

Sumber: InvestorDaily

Kamu bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyak melalui mesin tersebut. Sebelum berangkat ke mesin terdekatmu, pastikan dulu jika kondisi mesin siap untuk pengumpulan botol ya. Karena terkadang ada beberapa mesin yang sudah masuk kategori hampir penuh jadinya tidak bisa melakukan penukaran botol di mesin tersebut. Yuk, cintai alam dan lingkungan kita dengan menukarkan botol pelastik bekas ke mesin plastic pay. Tidak hanya turut serta dalam menjaga lingkungan alam kita juga bisa dapat cuan dari kegiatan positif tersebut. Kamu juga bisa mendapatkan merchendise menarik dari plastic pay dengan menukarkan poin yang kamu punyac di aplikasi tersebut.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version