Danau Buyan, Alternatif Piknik Kami di Akhir Pekan

Awalnya kami berencana untuk mengisi libur weekend kali ini dengan jalan-jalan ke Bedugul. Semua persiapan sudah kami siapkan mulai dari tikar, makanan, minuman, kue, buah-buahan, jaket, hingga perlengkapan piknik dengan baik. Sebenarnya tujuan kami hanya sekedar jalan-jalan ke Bedugul saja tanpa menentukan lokasi pastinya. Niatnya ingin piknik di tempat senemunya saja di danau. Seperti yang kita tahu di antara Buleleng danTabanan terdapat tiga danau yang terkenal yaitu Danau Beratan, Danau Buyan dan Danau Tamblingan.  Setelah selesai melakukan persiapan, barulah kami melakukan perjalanan.

Perjalanan Menuju Danau Buyan

Kami berangkat pada jam 08.00 pagi, perjalanan dari Kota Denpasar menuju Bedugul menghabiskan waktu kurang lebih 2 jam. Kami sampai ke Bedugul pada jam 10.15, ketika sampai di Bedugul, sempat terjadi kebingungan tempat apa yang harus kami tuju. Di sinilah saya belajar, sebelum bepergian memang harus merencanakan sesuatu dengan baik dulu ya, supaya tidak kebingungan di akhirnya, hehe. Seiring berjalannya waktu, kami pun memutuskan untuk ke Danau Buyan.

Danau Buyan adalah sebuah danau yang terletak di kawasan Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali.  Sebenarnya terdapat beberapa tempat seperti camping ground di sekitar danau Buyan ni. Hanya saja kami berdua datang ke Danau Buyan hanya sekedar melakukan piknik saja tanpa harus melakukan camping. Hingga akhirnya sampailah di salah satu camp di Danau Buyan.

Sumber foto: Wikipedia

Harga Tiket Masuk ke Wisata Camping

Bagi pengunjung yang datang hanya untuk melakukan piknik saja ke danau Buyan ini akan dikenakan biaya Rp25000 per orang. Kamu juga dapat menyewa peralatan camping seperti tenda, matras, sleeping bag di tempat ini. Setelah selesai registrasi tiket masuk, kami menyusuri area pinggir danau untuk memilih tempat yang cocok untuk piknik.

Danau Buyan merupakan tempat yang cukup luas, terdapat beberapa titik lokasi di area ini yang sudah terpasang tenda-tenda. Sepertinya mereka sudah beberapa hari di danau ini. Di pinggir danau juga terlihat beberapa orang yang sedang memancing ikan, semuanya menikmati aktivitas yang mereka lakukan di danau ini.

Setelah menyusuri sampai ke area pojok danau, akhirnya kami menemukan tempat yang cocok untuk piknik. Tempatnya tidak terlalu jauh dari pinggir danau, tapi kami bisa melihat keseluruhan pemandangan danau yang indah ini dari tempat piknik. Kami menghamparkan tikar, dan mengeluarkan makanan, minuman, buah-buahan, dan kue yang sudah dipersiapkan dari rumah. Karena perjalanan yang cukup jauh, kami langsung menyantap makanan yang dibawa dengan lahap. Alhamdulillah, Akhirnya piknik dengan panorama alam yang indah kesampaian juga, ucap istri.

Setelah kurang lebih satu jam menyantap makanan, sembari foto-foto dan haha hihi sana sini, akhirnya kami memutuskan untuk pulang. Di samping pemandangan alamnya yang indah, danau ini memilki fasilitas yang cukup lengkap terdapat warung, toilet dan area parkir yang cukup memadai untuk para pengunjung.

Nah, bagi kamu yang sedang merencanakan camping atau sekedar piknik seperti yang kami lakukan. Danau Buyan ini dapat menjadi salah satu tempat berlibur yang tepat. Kamu tidak perlu bingung tempat mana yang akan kamu kunjungi, karena di sekitar danau ini terdapat banyak pilihan tempat piknik yang kamu pilih sebagai tempat berlibur.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

Satu tanggapan pada “Danau Buyan, Alternatif Piknik Kami di Akhir Pekan”

  1. Belum pernah ke Danau Buyan, dan dulu waktu temen temen dari komunitas backpacker di kotaku bikin agenda ke Tamblingan, aku juga ga bisa ikut
    seneng kalau bisa deket sama alam kayak gini, tenang banget

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version