One Day One Post, Caraku Produktif Ngeblog #PART1

Pada Bulan mei ini, saya pribadi membuat sebuah gerakan dengan tujuan untuk ugrade skill diri yaitu kegiatan one day one post yaitu menulis artikel setiap harinya sebanyak 30 artikel. Pada hari ke 29 ini saya ingin menjelaskan tentang bagaimana perjalanan saya dalam mencapai list target tersebut. Kemudian impact yang saya dapatkan dari membuat challenge ini. Bagi sobat jejak yang membaca postingan ini, boleh banget memberikan kritik dan saran yang mendukung untuk insight ke diri saya pribadi agar lebih baik lagi ke depannya.

Apa yang saya lakukan dengan One Day One Post

One day one post adalah kegiatan menulis artikel di blog dengan target 1 hari satu artikel dengan berbagai tema artikel yang bebas. Pada intinya melalui kegiatan tersebut saya dapat menulis artikel apapun setiap harinya di blog. Saya tidak mensyaratkan harus berapa paragraf atau berapa kata. Bagi saya yang terpenting dapat mengupload satu artikel setiap harinya dalam kurun waktu tiga puluh hari ke depan itu sudah cukup. Untuk jumlah katanya biasanya saya menghabiskan sekitar 400 sampai 600 kata per artikel. Tema artikel yang saya tulis biasanya tentang konten travel, kuliner dan lainnya.

Apa yang saya dapatkan dari kegiatan One Day One Post ini?

Melalui kegiatan One Day One Post ada beberapa hal yang saya dapatkan sebagai dampak positif ke diri saya pribadi baik secara langsung maupun tidak langsung.

1. Disiplin Waktu dalam Mengupload Artikel Blog

Melalui kegiatan One Day One Post ini saya menjadi semakin disiplin dan produktif dalam menulis artikel blog. Munculnya target artikel setiap harinya, membuat saya harus menyempatkan waktu setiap harinya setidaknya dapat mengupload satu artikel satu kali setiap harinya.

2. Melatih Kemampuan Menulis

Di sisi lain, One day one post juga melatih saya untuk melatih kemampuan menulis agar dapat lebih baik lagi. Saya dapat menulis berbagai tema dengan gaya menulis sendiri. Kemudian karena waktu terbatas saya mampu menulis artikel dengan 400 sampai 600 kata meskipun dengan kepenulisan yang belum baik. Namun, setidaknya saya bisa menuntaskan target tersebut dengan target list yang sudah saya tentukan.

3. Menemukan Banyak Ide Menulis

Kegiatan ini juga membuat saya untuk mengeksplorasikan diri agar dapat memunculkan ide tulisan dalam menulis. Mau tidak mau,karena tuntutan artikel setiap harinya membuat banyak ide yang muncul dengan sendirinya yang menjadi ide konten saya dalam menulis blog.

4. Menambah Insight Blog

Tentunya dengan semakin banyaknya artikel yang saya tulis di blog, maka semakin banyak audience yang datang. Walaupun saya tidak terlalu menargetkan jumlah viewers dalam kegiatan ini, tetapi secara tidak langsung ada peningkatan jumlah tayangan yang saya dapatkan berdasarkan blog tersebut. Secara tidak langsung juga, membuat blog saya menjadi lebih produktif dan memiliki impact yang cukup baik.

Demikianlah ulasan saya secara singkat mengenai kegiatan One day one post ini, untuk postingan selanjutnya, saya akan menuliskan tantangan-tantangan yang saya hadapi dalam menjalani kegiatan one day one post ini. Setelah ini selesai, kira-kira target apa lagi ya yang bisa dilakukan, jika punya rekomendasi bisa langsung beri sarannya di komentar ya. Thank you.

Penulis: Muhammad Dzikrullah

Travel and Culinary Blogger, Copywriter, and Arabic Teacher.

Satu tanggapan pada “One Day One Post, Caraku Produktif Ngeblog #PART1”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version